Basarnas Sulsel Gelar Hari Jadi 51 Tahun, Ini Pesan Sekprov dan Pangdam XIV

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan menggelar upacara peringatan HUT ke 51 tahun Basarnas.

Acara digelar di Ballroom Sandeq Hotel Claro Makassar, Selasa (28/2/2023).

Hadir sejumlah tokoh dan pejabat lingkup pemerintahan baik dari unsur eksekutif dan judikatif.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Andi Aslam Patonangi menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka Hari Jadi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yang ke-51 tahun tersebut.

Bacaan Lainnya

Andi Aslam dalam sambutannya mengatakan bahwa tata kelola pemerintahan, tata kelola keuangan dan pelayanan publik dari Basarnas untuk masyarakat, mendapatkan predikat sangat baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Menpan RB RI dan sejumlah lembaga lainnya.

“Pada kesempatan ini Presiden Jokowi, beliau menyampaikan Basarnas mendapatkan predikat sangat baik. Dan untuk itu kita semua wajib melakukan kewaspadaan,” tambahnya.

Kendati demikian, saat ini Basarnas masih membutuhkan penambahan alat sesuai kebutuhan teknologi saat ini dalam pencarian dan pertolongan.

Untuk menunjang hal-hal tersebut, dianggap sangat perlu melakukan sosialisasi secara massif kepada seluruh lapisan masyarakat, terkait bagaimana pertolongan pertama pada kecelakaan, melindungi diri saat bencana melanda dan bagaimana cara menolong orang lain sekitarnya.

“Saya berpesan kepada seluruh pegawai Basarnas untuk tingkatkan kapasitas, inovasi dan kreatifitas untuk menghadapi perubahan dan situasi yang tidak menentu,” pesannya.

Sementara Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, mengatakan Hari Jadi ke 51 tahun Basarnas merupakan momentum untuk membentuk sinergitas yang lebih besar lagi terkait potensi SAR, pemerintah daerah, termasuk TNI/polri yang terkait didalamnya untuk pelaksanaan operasi SAR.

“Jadi kami rencana bersama dengan bapak Pangdam untuk latihan gabungan guna membentuk SoP, untuk pelaksanaan operasi SAR agar bisa mencapai cepat tanggap sesuai dengan prosedur yang ada,” ujarnya.

Djunaidi juga mengharapkan dengan adanya pelatihan seperti itu, otomatis potensi SAR akan dilibatkan mulai dari TNI polri, peran mahasiswa, organisasi yang terkait didalamnya, akan dilibatkan semuanya.

Sementara Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Dr Totok Imam Santoso, berharap melalui momentum HUT ke 51 tahun Basarnas dapat membangun koordinasi dan komunikasi dengan seluruh stakeholder terkait.

Kedepannya, ia mengharapkan semua pihak terkait seperti Basarnas, BPBD, TNI dan Polri, sudah langsung mengambil bagian masing-masing di saat ada bencana alam melanda daerah, khusus di Sulawesi Selatan.

“Saya berharap kekompakan dan koordinasi terus terjalin untuk sama-sama mengambil bagian,” pungkasnya.

Usai melaksanakan upacara, kegiatan selanjutnya dilakukan dengan melakukan pemotongan nasi tumpeng sebagai tanda hari jadi ke 51 tahun Basarnas.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *