Bupati dan Wakil Ketua DPRD Maros Bawakan Materi pada Giat Peningkatan Kapasitas BPD

MAROS, SOLUSINEWS.ID – Bupati Maros HAS Chaidir Syam dan Wakil Ketua DPRD Maros Haeriah Rahman menjadi narasumber pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Maros.

Kegiatan yang digelar melalui lembaga Madani Sahitya Indonesia ini diikuti perwakilan setiap BPD dari 43 desa se-Kabupaten Maros di Aula Kantor Camat Mandai, Kabupaten Maros, Rabu (22/11/2023).

Bupati Chaidir secara umum menyampaikan tentang pentingnya kolaborasi antara BPD dengan pemerintahan desa dalam mewujudkan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakatnya.

Dengan menjalankan peran dan fungsi masing-masing, maka program pembangunan desa dapat lebih terarah dan dan efektif sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa.

Bacaan Lainnya

Sementara Wakil Ketua DPRD Maros, Haeriah Rahman, memaparkan tentang peran dan fungsi DPRD dalam pemerintahan dan pembangunan suatu daerah.

Dipaparkan bahwa berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2019 Pasal 365 menyebutkan fungsi DPRD secara umum terdiri dari fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.

Bila dikaitkan dalam pemerintahan dan pembangunan desa maka DPRD secara tidak langsung memiliki peran dan fungsi kultural atau sosial antara lain aspirasi konstruktif, penggerak sosial,

Selain itu berperan meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat, maupun penggagas inovasi dan kreativitas di masyarakat pedesaaan.

Pada kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas PMD Maros, Drs Idrus M.Si, tersebut, hadir pula sebagai pemateri antara lain dua pemerhati pemberdayaan masyarakat desa, Ihsanul Amri, dan Baharuddin S.ST.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *