Diikuti 185 Peserta, Kepala LLDikti 9 Jadi Penguji Ujian Skripsi dan KIT Taruna Polimarim AMI

PENGUJI. Kepala LLDikti 9 Dr Andi Lukman (baju batik) saat menjadi penguji dalam ujian skripsi dan KIT di Kampus Politeknik Maritim AMI Makassar, Kamis (5/10/2023). (Dok polimarim ami)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sultan Batara Dr Andi Lukman menjadi salah satu tim penguji Skripsi dan Karya Ilmiah Terapan (KIT) bagi taruna Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim), Kamis (5/10/2023).

Di hadapan civitas Polimarim AMI, Andi Lukman memberikan pujiannya terkait dengan pelaksanaan ujian skripsi dan KIT tersebut dengan menghadirkan penguji dari luar kampus.

“Biasanya kalau ada penguji dari luar itu saat ujian promosi doktor. Namun Polimarim AMI ini untuk setingkat sarjana dan D3 mengundang penguji luar. Hal ini menjadi bukti keterbukaan informasi di kampus ini,” ujarnya.

“Tidak semua perguruan tinggi terbuka seperti yang dilakukan Polimarim AMI Makassar. Ada yang biasanya belok-belok. Untuk itu kami memberikan apresiasi. Apalagi sekarang ini pemerintah memberikan karpet merah bagi perguruan tinggi vokasi,” tambahnya.

Bacaan Lainnya

Diakui Andi Lukman, lulusan perguruan tinggi vokasi, khususnya di bidang pelayaran masih sangat kurang. Karena itu, upaya untuk menghasilkan alumni terus dipacu. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka lebih mengarahkan lulusan yang siap bekerja.

Ia kemudian menyinggung tentang alumni perguruan tinggi umum di luar pendidikan vokasi. “Kenapa mereka biasanya lama baru bekerja? Karena hanya pintar tapi minim keterampilan dan karakter,” sebutnya.

“Sementara di perguruan tinggi vokasi, ilmu pengetahuan, keterampilan, dan pendidikan karakter sudah ada semua. Jadi, sudah tepat Anda yang berada di jalur pendidikan vokasi,” tandasnya.

Ujian skripsi dan KIT yang berlangsung di Aula Kampus Polimarim AMI ini dibuka oleh Direktur Polimarim AMI Makassar Dr Amrin Pettarani. Ujian yang dilaksanakan ini merupakan angkatan kedua tahun ajaran 2023.

Peserta ujian kali ini sebanyak 185 taruna. Rinciannya, Program Studi (Prodi) Transportasi Laut (Reguler) 31 orang, Transportasi Laut (Alih Jenjang) 14 orang, Studi Nautika 48 orang, Permesinan Kapal 34 orang, serta Manajemen Pelabuhan 58 orang.

Dalam kesempatan itu, Direktur Polimarim AMI Amrin Pettarani menyampaikan terima kasih kepada para dosen yang telah membimbing taruna taruninya hingga bisa sampai pada ujian skripsi dan KIT.

“Terimakasih bapak-ibu dosen pembimbing. Semua yang diuji ini adalah anak didik kita. Kita ingin melihat anak didiknya berhasil semua. Dan yang patut kita syukuri, karena pelaksanaan ujian kali ini dipantau langsung LLDikti,” ujar Amrin.

Belum Lulus Sudah Bekerja

Andi Lukman juga menyebut bahwa Polimarim AMI telah melaksanakan Tri Dharma dengan baik. Bahkan, kampus ini menjadi salah satu yang terbaik di bawah naungan LLDikti Wilayah IX.

Ia lalu memberi contoh, bahwa alumni Polimarim AMI ada di mana-mana. Masa tunggu mereka untuk bekerja bagi yang sudah selesai, sangat pendek.

“Bahkan, yang ujian hari ini ada empat orang sudah bekerja. Itu artinya, masa tunggunya minus. Karena mereka memang telah bekerja sebelum mengikuti ujian,” tandasnya.

Andi Lukman menambahkan, guna memberi semangat perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitasnya, pihaknya rutin memberikan penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan bagi perguruan tinggi dengan serapan dunia kerja terhadap alumni.

“Polimarim AMI tercatat sebagai salah satu kampus peraih penghargaan tersebut. Saya berharap pihak kampus terus mengembangkan diri dalam meningkatkan mutu luarannya. Khususnya dalam menyediakan sumber daya manusia di bidang maritim,” pungkasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *