Dinas Perikanan Genjot Potensi Rumput laut Cottonii, Jadwalkan Pembibitan Juli 2023

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai Syamsul Alam

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai Syamsul Alam mengatakan Kabupaten Sinjai memiliki daerah pesisir yang berpotensi besar dalam mengembangkan rumput laut eucheuma cottonii.

Komoditi jenis rumput laut ini memiliki pasar ekspor yang menjanjikan dan menghasilkan devisa negara.

Olehnya, Pemkab Sinjai akan menjalankan program Devisa desa dengan bekerjasama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank.

Sebagai langkah awal, Pemkab Sinjai telah melaksanakan berbagai tahapan untuk melaksanakan program ini dengan lokasi pencanangan berada di Desa Tongke-tongke, Kecamatan Sinjai Timur.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, komoditi rumput laut cotonii memilii pangsa pasar yang jelas serta pembelinya sudah siap dan akan diekspor keluar negeri.

“Sisa bagaimana petani bisa melakukan budidaya dengan baik. Tentu kami selaku pemerintah siap memfasilitasi dan melakukan pendampingan agar kualitas produksi baik,” jelasnya.

Untuk pengembangannya, pembudidaya akan mulai melakukan pembibitan pada awal Juli yang ditargetkan panen pada Agustus 2023.

“Kita menunggu sampai cuaca bagus sehingga para petani kita mulai akan membudidaya pada awal bulan Juli 2023 dengan umur panen 40-50 hari.

Sehingga kita prediksi di akhir bulan Agustus sudah bisa panen yang nantinya kita juga launching program devisa desa saat itu,” ungkapnya.

Saat ini ada tujuh kelompok budidaya rumput laut di Desa Tongke-tongke yang mengembangkan komoditi rumput laut Cottonii dengan potensi panen sekitar 35-40 ton.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *