Disbudpar Sinjai Agendakan Festival Tongke-Tongke Meriahkan Pesta Adat Marimpa Salo pada Oktober 2024

Kepala Disparbud Sinjai, Tamzil Binawan.(*)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) menggelar pertemuan bersama jajaran pemangku kebijakan atau stakeholder terkait agenda Pesta Adat Marimpa Salo di Aula Kantor Camat Sinjai Timur, Kamis (26/9/2024).

Pertemuan itu untuk mempersatukan persepsi dan memantapkan event kalender tahunan Pemkab Sinjai yaitu Pesta Adat Marimpa Salo yang tahun ini akan digelar di Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur.

Kepala Disparbud Sinjai Tamzil Binawan yang memimpin pertemuan koordinasi tersebut yang dihadiri sejumlah pimpinan OPD dan pemangku kebijakan terkait.

Antara lain Camat Sinjai Timur Andi Saoraja Arie Lesmana, unsur Forkopimcam, perwakilan OPD terkait, kepala desa, lurah, dan perwakilan instansi lainnya lingkup Kecamatan Sinjai Timur.

Bacaan Lainnya

Dalam pembahasan agenda event wisata Pesta Adat Marimpa Salo ini, juga diusulkan digelarnya Festival Tongke-Tongke dalam rangkaian acara Pesta Adat Marimpa Salo.

Pada Festival Tongke-Tongke ini menyajikan sejumlah lomba menarik khas seperti menata kuliner laut, jolloro (perahu), barasanji, gandrang tradisional, layang-layang, dan lomba kano.

Selain itu direncanakan atraksi penanaman bakau, dan lomba lainnya yaitu photo both dan desain suvenir. Penyuluhan sadar wisata dan sejumlah lomba lainnya.

Tamzil Binawan menyampaikan lomba-lomba tersebut sesuai arahan Pj Bupati Sinjai agar event tahunan seperti Marimpa Salo dapat lebih meriah dan menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Sinjai.

“Harapannya agar gaung pesta adat tahunan Marimpa Salo dapat meluas dan diketahui bukan hanya oleh masyarakat lokal,” terangnya.

Festival Tongke-Tongke juga diharapkan dapat meningkatkan nilai keekonomian UMKM lokal.

Olehnya pemkab berharap seluruh unsur dapat terlibat dan ikut menyambut gembira pesta adat tahunan ini.

Beberapa titik lokasi yang rencananya dijadikan pusat lomba antara lain Pantai Mallenreng, Kecamatan Sinjai Timur, dan objek wisata Tongke-Tongke.

Adapun jadwal pelaksanaan lomba diperkirakan empat hingga lima hari atau pada 10 hingga 15 Oktober 2024.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *