DPKH Sinjai Jamin Stok Sapi untuk Idul Adha, Sapi untuk Kurban juga Dikirim ke Kalimantan

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet, drh Ratnawati, mengatakan ketersediaan hewan kurban sekitar 8.000 ekor sapi potong

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha atau Hari Kurban umat Islam, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai memastikan kecukupan stok hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Adha 2023.

DPKH Sinjai melalui Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet, drh Ratnawati, mengatakan ketersediaan hewan kurban sekitar 8.000 ekor sapi potong.

“Dengan berbagai jenis sapi seperti simental, limosin, bali, brahman dan brangus. Sementara untuk kambing sekitar 500 ekor,” ungkapnya, Senin (12/6/2023).

Sementara untuk memastikan kesehatan hewan kurban, DPKH akan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan ternak tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah membuat tim dan akan melakukan pemeriksaan antemortem. Kami punya 6 dokter hewan dan itu akan kami sebar untuk memeriksa kondisi hewan sebelum dilakukan pemotongan,” katanya.

Ia menambahkan, stok hewan khususnya sapi kurban tidak hanya memenuhi kebutuhan di Sinjai, tapi sebagian bisa memenuhi kebutuhan kurban di luar Kabupaten Sinjai.

“Untuk sapi kurban, permintaan itu rata-rata di daerah Kalimantan. Sebelum pengiriman, terlebih dahulu kita melakukan pemeriksaan laboratorium bekerja sama dengan balai besar veteriner,” ujarnya.

Selain itu, ternak juga akan menjalani proses karantina selama 14 hari sebelum dikirim.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *