Gandeng BNSP dan LSP Translog Indonesia, Polimarim Gelar Pelatihan Asesor Kompetensi

ASESOR KOMPETENSI - Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim) menggelar pelatihan Asesor Kompetensi (Askom) selama lima hari dari Senin-Jumat, 19-23 Juni 2023 di Aula Kampus Polimarim, Jl Nuri Baru No 1, Makassar. Kegiatan ditutup dengan ujian kompetensi. (dok humas polimarim)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim) menggelar pelatihan Asesor Kompetensi (Askom) selama lima hari dari Senin-Jumat, 19-23 Juni 2023 di Aula Kampus Polimarim, Jl Nuri Baru No 1, Makassar.

Kegiatan pelatihan Askom Polimarim ini bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Transportasi Logistik (Translog) Indonesia.

Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Drs. Mohammad Zubair, M.Si. yang membuka kegiatan mengatakan, ketika hendak terjun ke salah satu sektor pekerjaan, seorang calon pekerja memerlukan kecakapan khusus.

“Namun, memiliki kemampuan saja belum tentu cukup. Karena saat ini kompetensi seseorang harus diukur dan dibuktikan dengan adanya sertifikat kompetensi,” kata Zubair.

Bacaan Lainnya

“Ketika Anda ingin bekerja, pasti akan merasakan manfaat sertifikasi profesi. Yang untuk mendapatkan sertifikat kompetensi, ditawarkan oleh berbagai lembaga pendidikan formal maupun non-formal,” lanjutnya.

Adapun skema okupasi logistik nasional yang diambil para calon asesor kompetensi dari Polimarim adalah warehouse (8 okupasi), procurement (6 okupasi), hingga delivery freight (13 okupasi).

Okupasi tersebut antara lain; Warehouse Operator, Warehouse Supervisor, Logistics Administrative Officer, Freight Manager, Freight Expert, Supply Chain Manager, Export Import Opoeration Staf.

Okupasi tersebut didukung oleh 46 unit SKKNI yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 94 tahun 2019 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Kategori Pengangkutan dan Pergudangan Golongan Pokok Pergudangan dan Aktivitas Penunjang Angkutan Bidang Logistik.

Sebanyak 22 peserta mengikuti pelatihan yang dikhususkan bagi dosen dan tenaga pendidikan di lingkup Polimarim AMI. Mereka masing-masing mengambil skema berbeda dalam pelatihan dan uji kompetensi.

Hadir sebagai pelatih adalah master asesor dari BNSP yakni Dr. Lenny Brida Dipl.TESOL, M.Psi., M.Hum (Politeknik Negeri Jakarta) dan Dr. Siti Zaenab, MPd (Universitas Negeri Makassar).

Ditutup Uji Kompetensi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *