Ini Solusi Hemat BBM sekaligus Bikin Awet Kendaraan

Penghemat bahan bakar kendaraan, Cleanoz

SOLUSINEWS.ID – Salah satu bahan yang banyak dipakai industri atau pabrik untuk meningkatkan efisiensi pengunaan bahan bakar minyak (BBM) yaitu menggunakan bahan aditif.

Hal ini berdasarkan sejumlah hasil riset yang dilakukan beberapa departemen yang dikelola pemerintah yang menemukan penggunaan bahan aditif ternyata juga mampu digunakan untuk menghemat BBM.

Bahan aditif yang banyak dihasilkan dari sumber daya alam di Indonesia yaitu minyak atsiri. Minyak atsiri adalah bahan hasil penyulingan bagian tumbuh-tumbuhan tertentu.

Bacaan Lainnya

Ini diperkuat dengan penelitian dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Malang yang membuat terobosan dengan menggunakan minyak atsiri dari tanaman sereh wangi sebagai bahan penghemat bahan bakar minyak (BBM).

Dijelaskan minyak sereh wangi sangat berpotensi menjadi zat aditif untuk bahan bakar minyak terutama RON 90 (Pertalite) dan RON 88 (Premium).

Karena kandungan minyak Sereh wangi dapat berfungsi sebagai penyuplai oksigen (oksigenat) untuk bahan bakar jenis premium dan pertalite.

Kandungan oksigen tersebut mampu memaksimalkan proses pembakaran pada mesin sehingga konsumsi bahan bakar akan menurun.

Efek minyak atsiri dari sereh wangi juga meningkatkan angka oktan hingga 9 persen dan nilai kalor bahan bakar. Artinya, jumlah energi yang dihasilkan akan semakin besar sehingga konsumsi bahan bakar juga akan semakin menurun.

Nah, salah satu solusi untuk menghemat BBM kendaraan sekaligus menjaga keawetan mesin yaitu Cleanoz.

Cleanoz adalah cairan penghemat BBM yang terbuat dari bahan baku minyak atsiri yang memiliki kandungan 40 persen zat aditif dari tanaman sereh.

Dengan kandungan minyak atsiri pada Cleanoz ini diklaim mampu menghemat BBM pada kondisi tertentu hingga 50 persen.

Kandungan minyak Atsiri ini mampu mengikat bahan bakar sehingga mudah menguap dan mengendurkan ikatan antar partikel bahan bakar. Proses ini tidak menaikkan oktan, tapi hanya menyempurnakan pembakaran.

Cairan Cleanoz dapat digunakan untuk semua jenis BBM mulai premium, pertalite, pertamax, dan solar.

Selain itu, cairan Cleanoz dapat membersihkan mesin kendaraan sehingga komponen kendaraan bisa lebih awet.

Efek penggunaan rutin malah menambah tenaga dan akselerasi mesin kendaraan lebih maksimal karena mesin yang bersih akan membuat kerja mesin lebih ringan dan oli mesin lebih awet.

Tak heran jika pengendara yang rutin menggunakan Cleanoz bisa merasakan tarikan mesin motor lebih ringan dan kencang.

Penghemat BBM Cleanoz ini dapat diperoleh melalui agen Cleanoz yang terdapat di sejumlah kota di Indonesia.

Di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, penggemat BBM Cleanoz bisa didapatkan melalui agen Cleanoz dengan kontak WhatsApp: 0898-072-9059 / 0887-4359-12665.(*)

Pos terkait