Kadisbudpar Tamzil Binawan: Pesta Adat Marimpa Salo untuk Melestarikan Budaya dan Promosi Potensi Wisata Sinjai

Pesta adat Ma'rimpa Salo di Kabupaten Sinjai merupakan pagelaran kebudayaan yang mempertunjukkan tradisi menghalau ikan dari hulu hingga muara Sungai Appareng.(*)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai bersama masyarakat Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, menggelar event budaya Pesta Adat Ma’rimpa Salo, Kamis (10/10/2024).

Pesta adat Ma’rimpa Salo merupakan pagelaran kebudayaan yang mempertunjukkan tradisi menghalau ikan dari hulu hingga muara Sungai Appareng.

Tradisi kebudayaan tersebut dilaksanakan setiap tahun secara bergiliran di desa di Sinjai. Pesta adat Ma’rimpa Salo digelar di Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kamis (10/10/2024).

Selain itu, rangkaian kegiatan festival budaya juga mengisi Pesta Adat Ma’rimpa Salo, di Desa Sanjai, dan Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe.

Bacaan Lainnya

Tradisi ini disaksikan oleh ratusan masyarakat setempat, maupun para pelajar dan wisatawan dari dalam maupun luar daerah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Sinjai, Tamzil Binawan, menjelaskan, pagelaran kebudayaan adat ini dilaksanakan untuk menjaga kelestarian budaya adat dan kearifan lokal pada tradisi Ma’rimpa Salo.

“Juga sebagai ajang untuk mengangkat dan memperkenalkan potensi pariwisata di Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Pagelaran kebudayaan tahunan ini pun diapresiasi Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa. Ia mengatakan Pesta Adat Ma’rimpa Salo menjadi identitas serta jati diri sebagai orang Bugis Sinjai yang sarat akan makna mendalam.

“Tentunya pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini sebagai upaya menggali potensi budaya daerah yang dapat dikembangkan dan dijadikan sebagai aset budaya lokal yang mempunyai ciri khas,” ujarnya.

Tradisi Ma’rimpa Salo merupakan rangkaian pelaksanaan Festival Tongke-Tongke yang digelar dengan berbagai perlombaan. Pelaksanaannya digelar di tiga desa yakni Desa Sanjai, Desa Panaikang, dan Desa Tongke-Tongke.

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 10 hingga 14 Oktober 2024.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *