KPU Sulsel Gelar Penguatan Kapasitas SDM PPK Gelombang II dan III di Bulukumba

BULUKUMBA, SOLUSINEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas SDM Badan Adhoc Penyelenggara Pilkada di Sulsel.

Kegiatan gelombang II dan III ini digelar di Same Hotel Indonesia, Bira, Kabupaten Bulukumba selama dua hari.

Tanggal 13 September 2024 untuk gelombang II dan 14 September 2024 untuk Gel III.

Gelombang II diikuti seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Sekretaris PPK Kabupaten Bone dan Selayar, dengan total 232 peserta. Sementara Gelombang III diikuti PPK dan Sekretaris PPK Kota Makassar, Sinjai, Bantaeng, dan Soppeng, dengan total 248 peserta.

Bacaan Lainnya

Kegiatan penguatan SDM Badan Adhoc ini menghadirkan narasumber Adnan Jamal (Anggota Bawaslu Sulsel) dan Prof Dr Askari Razak SH, MH (akademisi Fakultas Hukum UMI).

Turut hadir dalam kegiatan ini Koordinator Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Sulsel, Marzuki Kadir, mewakili Ketua KPU Sulsel membuka resmi kegiatan tersebut.

Selain itu, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Litbang KPU Sulsel, Tasrif, dan Kabag, Kasubag serta staf Sekretariat KPU Sulsel.

Marzuki mengatakan kegiatan itu sangat penting untuk meningkatkan kapasitas penyelenggara badan adhoc pemilihan.

“Suksesnya pilkada serentak 2024 ditentukan secara kolektif termasuk peran besar dari PPK,” katanya.

Hal senada disampaikan Tasrif saat memberi pengarahan. Menurutnya, kegiatan itu sangat penting.

“Agar penyelenggara pemilihan khususnya PPK dapat memahami tugas dan kewajibannya dengan baik serta menyelenggarakan Pilkada secara professional dan berintegritas,” katanya.

Sebelumnya, pelaksanaan kegiatan Penguatan Kapasitas SDM Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan untuk Gelombang I telah dilaksanakan KPU Sulsel pada 8 September 2024 di Hotel Four Point Makassar.

Gelombang I diikuti sebanyak 740 peserta dari seluruh PPK Kabupaten Takalar, Gowa, Jeneponto, Barru, Maros, Pangkep, Sidrap, Wajo, Bulukumba, dan Pinrang.

Adapun untuk Gelombang IV dan Gel V akan dilaksanakan di Kabupaten Toraja Utara dan Luwu Utara yang waktunya akan dijadwalkan dalam waktu dekat.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *