Lakukan Pemutakhiran Modul Pembelajaran Prodi Studi Nautika, Polimarim AMI Gelar Workshop

PEMUTAKHIRAN. Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim) menggelar Workshop Pemutakhiran Modul Program Studi (Prodi) Studi Nautika di Ruang Rapat Penjaminan Mutu Lt 3 Kampus Polimarim, Jl Nuri Baru No 1, Makassar, Selasa (29/8/2023). (Dok Humas Polimarim)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim) menggelar Workshop Pemutakhiran Modul Program Studi (Prodi) Studi Nautika di Ruang Rapat Penjaminan Mutu Lt 3 Kampus Polimarim, Jl Nuri Baru No 1, Makassar, Selasa (29/8/2023).

Pemutakhiran modul ini guna peningkatan kualitas dan relevansi materi pembelajaran. Kegiatan ini menjadi salah satu Program Competitive Fund Vokasi 2023.

Tampil sebagai pemateri dalam workshop ini adalah Capt. Indra Priyatna, Kepala Pusat PSDM Perhubungan Laut pada masanya dan Ketua Tim Akademik LLdikti Wilayah IX Sulselbartra Dr. Mustaking.

Adapun peserta pelatihan berjumlah 10 orang. Mereka adalah jajaran pengajar dari Prodi Studi Nautika, ketua prodi, sekretaris prodi, penanggung jawab sertifikat kompetensi, hingga kepala laboratorium.

Bacaan Lainnya

Indra Priyatna dalam materinya mengatakan untuk keahlian bidang kepelautan, International Maritime Organization (IMO) melalui STCW tidak mengenal istilah kurikulum.

Diketahui, STCW merupakan Konvensi Internasional tentang standar latihan, sertifikasi dan dinas jaga untuk pelaut, dimana ditetapkan kualifikasi standar untuk kapten, perwira dan petugas penjaga diatas kapal niaga yang berlayar.

“STCW tidak mengenal kurikulum sebagaimana kementerian pendidikan dan kebudayaan. Lebih banyak dalam format model course untuk bidang-bidang keahlian,” ujarnya.

Pada pelatihan ini, jelas Indra Priyanta, dilakukan pemutakhiran kursus model Bridge Resources Management (BRM) dan Ship Stability Training (SST) untuk prodi Studi Nautika.

BRM atau Manajemen sumber daya maritim adalah diklat keterampilan pelaut untuk mempersiapkan keselamatan navigasi yang dilaksanakan para perwira serta awak kapal untuk mengusahakan kapal dalam kondisi terkendali dengan baik.

Sedangkan Ship Stability Training (SST) adalah pelatihan yang dilakukan untuk calon-calon perwira di anjungan kapal. Lewat pelatihan, taruna akan menjadi fasih dalam konstruksi kapal dan mahir dalam stabilitas dasar serta aplikasi praktisnya.

Saat ini Kampus Biru Polimarim AMI masih membuka penerimaan calon taruna baru tahun akademik 2023-2024. Pendaftaran calon taruna baru dibuka sejak Februari hingga September 2023.

Polimarim mengelola tujuh program studi, yakni D3 Permesinan Kapal (pengawakan), D3 Studi Nautika (pengawakan), D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (pengawakan), D3 Manajemen Pelabuhan, D3 Manajemen Logistik, D4 Bisnis Logistik Maritim, dan D4 Transportasi Laut.

Pada Agustus hingga September 2023, sebagai bagian perayaan HUT Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia, Polimarim AMI menggratiskan biaya pendaftaran untuk calon taruna baru.

Untuk informasi dan syarat pendaftaran, silakan dibaca selengkapnya di Link: https//sislekcatar.polimarim.online. Tautan ini sekaligus sebagai form isian untuk pendaftaran online. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *