Leang Panning Park Destinasi Wisata yang Menarik Untuk Outing Class Sekolah

Dua wisatawan asal Italia saat mengunjungi Gua Leang Panning di Desa Wanua Waru, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulsel, Kamis (22/8/2024).(RH/SN)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID, Pernah dengar “Outing Class” ? Outing class artinya kegiatan belajar yang dilakukan di luar kelas . Pembelajaran luar ruangan biasanya berlangsung di halaman sekolah, lapangan, atau taman. Tak hanya di lingkungan sekolah, outing class juga bisa dilakukan di tempat wisata seperti cagar budaya,  museum, galeri seni, hingga bioskop.

Nah, untuk cagar budaya salah satu tempat yang bisa digunakan oleh sekolah untuk kegiatan outing class adalah Leang Panning Park.

Destinasi wisata baru yang ada di dataran tinggi Kab. Maros ini, hanya berjarak 100 km dari kota Makassar dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam. Jaraknya tidak jauh beda antara Makassar dengan Malino.

Di kawasan Leang Panning Park ini, terdapat situs cagar budaya yang sangat pas untuk tujuan outing class, pasalnya situs ini merupakan tempat penemuan rangka manusia utuh, oleh para arkeolog diberi nama “Besse”.

DNA Besse ini merupakan penemuan DNA tertua di kawasan Wallacea, sekitar 7.200 tahun saat di publish di jurnal internasional beberapa tahun lalu.

Sebagai situs cagar budaya, tempat ini tentu sangat ideal untuk kegiatan Outing Class khususnya untuk mengenal sejarah peradaban manusia.

Menginap gunakan tenda

Peserta outing class juga tidak usah bingung terkait fasilitas penginapan karena di tempat ini ada penginapan dan area camping dengan fasilitas listrik, toilet hingga internet yang cukup mendukung.

Susur gua kering sepanjang 100 meter

Tidak hanya melihat situs “Besse” tapi peserta juga dapat menikmati atraksi wisata lain seperti susur gua, river tubing seperti di jogja, hingga melihat proses pembuatan gula merah, minyak nilam dan lebah Trigona.

River Tubing dalam gua sepanjang 300 meter

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *