Makassar Lolos 4 Besar Seleksi Nasional Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UCCN) 2025

Makassar Lolos 4 Besar Seleksi Nasional Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UCCN) 2025.(*)

SOLUSINEWS.ID – Kota Makassar lolos empat besar dalam seleksi nasional tahap I Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UCCN) untuk Tahun 2025.

Dari 12 kabupaten/kota yang mengajukan diri, Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah melakukan penilaian pada 10–17 September 2024 dan menetapkan enam kabupaten/kota yang berhak melanjutkan ke Seleksi Tahap II.

Seleksi tahap II telah selesai pada Senin (23/9/2024) dan menghasilkan empat kabupaten/kota yang akan mengikuti tahapan selanjutnya. Salah satunya adalah Kota Makassar.

Kota Makassar melangkah ke tahap selanjutnya untuk menjadi bagian dari UNESCO dalam kategori Kota Kreatif Gastronomi. Pelaksanaan seleksi nasional tahap II ini berlangsung di JS Luwansa Hotel, Jakarta, pada 23 September 2024.

Bacaan Lainnya

Di hadapan 10 panitia seleksi nasional, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem memaparkan perjalanan dan capaian Kota Makassar menuju Kota Kreatif Gastronomi UNESCO. Dimulai penetapan 10 ikon kuliner pada Tahun 2015 kemudian penetapan branding Makasar Kota Makan Enak.

Hingga Kota Makassar masuk dalam jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia dengan subsektor unggulan kuliner pada 2023. Kota Makassar terus berkembang sebagai pusat gastronomi yang diakui nasional dan internasional.

“Dari paparan seleksi nasional tahap II tadi, Panselnas telah menentukan empat besar. Salah satunya adalah Kota Makassar,” ungkap Roem.

Setelah tahapan itu, Kemenparekraf akan melakukan visitasi untuk menentukan dua besar yang akan diusulkan ke UNESCO untuk menjadi UCCN tahun 2025.

Langkah Pemkot Makassar mengajukan sebagai Kota Kreatif Gastronomi UNESCO melalui Kemenparekraf/Baparekraf diharapkan membuka peluang global dalam memperkuat identitas kuliner Makassar.

Serta dapat menjalin kolaborasi dengan kota dunia lainnya dalam jejaring Kota Kreatif UNESCO.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *