PDAM Sinjai Akan Maksimalkan IPA Palla Bisa Sedot Air 100 Liter Perdetik

PDAM Sinjai

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sinjai Bersatu akan memaksimalkan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Palla, Kelurahan Lamatti Rilau, Kecamatan Sinjai Utara, pada awal Tahun 2023 ini.

Maksimalisasi IPA Palla yang menggunakan air baku dari Sungai Tangka ini sebagai upaya PDAM setempat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan di Kabupaten Sinjai.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Sinjai, Andi Ilham Abubakar, menyampaikan hal itu dalam rapat pleno gabungan Komisi DPRD Sinjai di ruang rapat DPRD Sinjai, Kamis (19/1/2023).

Pengoptimalan kembali IPA Palla juga bertujuan membantu suplai air bersih ketika suplai air Balantieng bermasalah atau mengalami kebocoran.

Bacaan Lainnya

Suplai air Balantieng merupakan aset yang dikelola melalui kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang.

“Ini yang akan kita kawal, bagaimana memperbaiki atau mengupgrade pompa IPA Palla untuk memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan. Jadi kalau sumber air Balantieng bermasalah, ada opsi IPA Palla solusinya,” ujar Ilham.

Sementara Direktur PDAM Tirta Sinjai Bersatu, Nasrullah Mustamin, menjelaskan anggaran rencana pembenahan IPA Palla tahun ini sebelum Rp 2,3 miliar lebih.

Jumlah anggaran sebesar itu meliputi pembenahan pompa air, serta pembangunan kolam atau bak penjernihan manual.

“Kita akan benahi sehingga yang saat ini kapasitas air yang dihasil 40 liter per detik bisa naik menjadi 100 liter perdetik.

Ada yang bisa menutupi sementara kebutuhan air pelanggan meski idealnya harus mencapai 180 liter perdetik untuk mencakup seluruh pelanggan yang ada,” pungkasnya.

Selain itu, anggaran tersebut juga akan dipakai untuk menyambungkan blokasi antara jaringan pipa lama ke pipa baru yang sebelumnya telah dikerjakan di tahun 2019 lalu.

“Ini yang mau kami koneksikan dari pipa lama ke pipa baru agar kita bisa mengatur distribusi air ke pelanggan kita di Kota yang jumlahnya mencapai 12 ribu lebih pelanggan,” katanya.

Rapat pleno gabungan Komisi DPRD Sinjai tersebut dipimpin Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Sinjai, Sabir, Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Haerani Dahlan, Kadis PUPR H. Haris Achmad, Kepala BKAD Hj. Ratnawati Arif, serta Kepala Bappeda, Irwan Suaib.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *