Penilaian Akreditasi BAN-PT, 2 Assesor Lakukan Assessment Lapangan di Prodi D4 Transportasi Laut Polimarim

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) terhadap prodi D4 Transportasi Laut adalah assessment atau penilaian lapangan, Senin-Selasa (7-8/2/2022). (dok polimarim)

SOLUSINEWS.ID, MAKASSAR – Sejak dibuka tahun 2019 dengan akreditasi minimal, Program Studi D4 Transportasi Laut Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim) menjalani proses akreditasi dari BAN-PT.

Proses yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap prodi D4 Transportasi Laut adalah assessment atau penilaian lapangan, Senin-Selasa (7-8/2/2022).

Dua orang asesor ditugaskan BAN-PT untuk melakukan penilaian lapangan secara daring (dalam jaringan) pada assessment kali ini.

Mereka adalah Capt Eko Murdiyanto MPd dari Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang dan Dr Ir Minto Basuki MT dari Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS).

Bacaan Lainnya

Pada proses penilaian selama dua hari, pihak prodi D4 Transportasi Laut Polimarim harus menunjukkan bukti-bukti terkait isian borang akreditasi yang masih menggunakan 8 indikator.

“Tolong bapak-ibu dari Prodi D4 Transportasi Laut Polimarim menjelaskan satu per satu secara jelas. Karena ini bagian dari penilaian prodi ini layak meraih akreditasi,” ujar Minto Basuki di layar via zoom meeting.

Penjelasan yang diberikan kapabilitas pimpinan UPPS, pengorganisasian, personel, monitoring dan evaluasi, pelaporan hingga tindak lanjut.

Kemudian tata pamong seperti ketersediaan dosen sesuai standar nasional Dikti, kepangkatan dosen, penelitian, pengabdian masyarakat.

Selain itu juga capaian kinerja dari prodi. Analisis dan evaluasinya seperti apa. Penjelasan idetifikasi dan banyak lagi.

Bahkan, pada hari kedua, dilaksanakan wawancara dengan dua pihak stakeholder dan mitra kerja sama D4 Transportasi Laut. Berikutnya dengan taruna-taruni dan juga dosen.

Dua mitra yang hadir adalah dari Pak Febri pemilik perusahaan pelayaran di Makassar dan Pak Franz dari PT Tanto Intim Line Cabang Makassar.

Adapun dari taruna yang diwawancarai adalah taruni yang dudu di semester lima Sri Nur Aulia dan Nur Hapipah. Sedangkan untuk dosen Rusnaedi ST MT.

“Hari ini kami dari D4 Transportasi Laut Polimarim sudah siap dengan wawancara. Dua orang mitra sudah siap, 2 dosen juga dan juga taruna-taruni,” kata Kepala Satuan Penjaminan Mutu Internal Polimarim Ir Agus Budi Hartono SKom MMar.Eng.

Pada saat penutupan proses Assessment Lapangan dari BAN-PT, Direktur Polimarim Dr Amrin Petta Rani SE MM mengucapkan terima kasih untuk para assesor.

“Terima kasih banyak untuk bapak assesor, Capt Eko Murdiyanto MPd dan Dr Ir Minto Basuki MT hingga proses penilaian berlangsung lancar. Dan minta maaf sebesar-besarnya jika ada yang kurang dalam proses penilaian,” ujar Amrin.

“Dan sekiranya terkait proses assesment lapangan ini, kiranya kami diberikan kesempatan untuk belajar dari institusi bapak, agar prodi yang kami bina sesuai dengan standar nasional Dikti,” lanjutnya.

Polimarim saat ini menaungi empat program studi. Yakni Prodi D3 Studi Nautika, D3 Permesinan Kapal, D3 Manajemen Pelabuhan, dan D4 (Sarjana Terapan) Transportasi Laut.

Saat ini, Polimarim juga akan membuka tiga prodi baru, D3 Manajemen Logistik, D4 (Sarjana Terapan) Bisnis dan Logistik Maritim, D4 (Sarjana Terapan) Teknologi Rekayasan Permesinan Kapal. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *