Polimarim Cetak 374 Lulusan Baru, 35 Wisudawan Sudah Bekerja Sebelum Wisuda

Direkur Polimarim AMI Dr Amrin Pettarani SE ST MM MAP (kiri) menyerahkan buku ajar MAnajemen Suber Daya Manusia kepada Kepala LLDikti 9 Sultan Batara Dr Andi Lukman MSi di sela acara wisuda Polimarim di Hotel Claro, Makassar, Sabtu (23/12/2023). (dok polimarim ami)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim) menggelar Wisuda dan Pelantikan Perwira Transportasi Laut Ke-34, di Sandeq Ballroom, Claro Hotel Makassar, Sabtu (23/12/2023).

Sebanyak 374 peserta dikukuhkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 9 Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultan Batara) Dr Andi Lukman MSi didampingi Direktur Polimarim Dr Amrin Pettarani SE ST MM MAP.

Wisuda dihadiri Ketua Harian Dewan Penguji Keahlian Pelaut (DPKP) Ditjen Hubla Kemenhub Dr Capt. Karolus G Sengaji SH MH, Danrindam XIV Hasanuddin Kol Inf Aji Mimbarno SAP, pejabat Ditjen Vokasi Kemendibudristekdikti, jajaran LLDikti 9, orangtua/wali dari wisudawan dan undangan lainnya.

Dari 374 lulusan Polimarim AMI yang diwisuda tersebut, terdapat 35 lulusan yang telah diterima bekerja di perusahaan. Rata-rata mereka dipanggil bekerja di perusahaan tempat mereka praktik atau rekomendasi tempat praktik.

Bacaan Lainnya

Andi Lukman sebagai pimpinan LLDikti Wilayah 9 Sultan Batara mengaku bangga dan berbahagia, melihat capaian Polimarim AMI tersebut. Ia menyebut Polimarim salah satu perguruan tinggi vokasi terbaik di Indonesia, ukurannya lulusan yang cepat bekerja.

“Lulusan yang bekerja itu adalah indikator kinerja utama atau IKU. Tak salah jika Polimarim AMI ini perguruan tinggi vokasi terbaik. 35 lulusan yang sudah bekerja sebelum wisuda ini menandakan masa tunggu minus, belum lulus sudah kerja,” katanya.

Kepala LLDikti mengurai instumen perguruan tinggi yang baik ada 4 hal, yakni pertama lulusan yang diserap dunia kerja. Kedua taat kebijakan pemerintah dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melaksanakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Instrumen ketiga dijelaskan Andi Lukman yakni hubungan antara perguruan tinggi dengan stake holder atau pemangku kepentingan sangat bagus. Stakeholder dilibatkan dalam membahas mutu luaran. Setelah itu, mereka memakai lulusannya.

Instrumen keempat yang menjadi faktor penilaian, adalah banyak praktisi yakni profesi pelaut sebagai pengajar di kampus Polimarim AMI. “Dosen Polimarim rata-rata praktisi. Mereka enam bulan mengajar, lalu enam bulan kemudian berlayar. Ilmunya uptodate,” bebernya.

Datangkan Alumni Sukses

Direktur Amrin Pettarani mengatakan alumni Polimarim AMI berjumlah sekira 13 ribu-an lebih. Mereka tersebar di berbagai tempat pengabdian. Pada wisuda ini dipanggil 3 perwakilan alumni yang telah sukses, bahkan memilik perusahaan yang sudah merekrut lulusan-lulusan baru.

Kedua diantaranya adalah Capt. H. Jamaluddin Arsyad M.Mar dari PT Tiran Indonesia dan Gatot Subroto AMd Tra SE MM ANT-II yang bekerja di PT Seacon Shipping Group.

Amrin menambahkan, saat ini Polimarim AMI sudah menjadi diklat kepelautan swasta yang menggelar sejumlah ujian kompetensi pelaut, mulai GMDSS hingga terbaru sebagai penyelenggaran ujian negara Operator Radio Umum (ORU).

“Polimarim sudah tercatat sebagai sebagai tempat pelaksana ujian negara ORU atau Radio Elektronik Operator Radio (REOR). Kita sudah meluluskan 141 peserta. Kami juga akan membuka S2 Terapan Manajemen Pemasaran dan Inovasi Teknologi Maritim,” jelasnya.

Peluncuran Buku Ajar

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan launching atau peluncuran buku ajar karya direktur Polimarim AMI dengan Judul Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang diterbitkan Yayasan Indonesia Emas.

Buku ajar berisi 8 bab dengan materi-materi, konsep dasar MSDM, fungsi MSDM, analisis dan perencanaan, organisasi MSDM, kepemimpinan, kinerja dan evaluasi, kepuasan serta etika dan profesionalitas.

Secara simbolis buku ajar tersebut diserahkan kepada Kepala LLDikti Wilayah 9 Sultan Batara, Ketua Harian DPKP Hubla Kemenhub, pejabat ditjen vokasi Kemendikbudristek Drs Sudarsono, Kepala Cabang PT SPILL Capt Frans Tangke, dan Ketua yayasan Dra Halijah Nur Tinri MSi.

Adapun rincian peserta wisuda yakni; Prodi Manajemen Pelabuhan sebanyak 59 orang, Prodi Permesinan Kapal 87 orang, Prodi Studi Nautika 112 orang, Prodi Transportasi Laut 116 orang, dengan jumlah total 374 orang.

Kampus Polimarim AMI mengelola tujuh program studi, yakni D3 Studi Nautika, D3 Permesinan Kapal, D3 Manajemen Pelabuhan, D3 Manajemen Logistik, D4 Transportasi Laut, D4 Bisnis Logistik Maritim, dan D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal. (*)

Lulusan Terbaik Prodi Manajemen Pelabuhan
1. Novita asal Kabupaten Buton (IPK 3,83) lama studi 3 tahun, Praktik di PT. Pertamina TBBM Baubau
2. Uci Wulan Ramadani asal Luwu Timur (IPK 3,82) lama studi 3 tahun, praktik di PT. Trans Mega Sulawesi Logistic
3. Rahman Rusydi asal Kab Pangkep (IPK 3,78) lama studi 3 tahun, praktik di PT Melindo Nirwana Trans

Lulusan Terbaik Prodi Permesinan Kapal
1. Abdul Khalik asal Pangkep (IPK 3,81) lama studi 3 tahun, praktik di KM. Sunrise Warrior (PT Bahari Nusantara)
2. Moh Ilham asal Polman (IPK 3,69) lama studi 3 tahun, praktik di KM. LINEO 101 (PT Lintas Samudera Borneo Line)
3. Muh Yusril asal Soppeng (IPK 3,69) lama studi 4 tahun, praktik di KM. Cattaleya Express (PT Panca Merak Samudera)

Lulusan Terbaik Prodi Studi Nautika
1. Andi Asriadi Russu asal Bone (IPK 3,78) lama studi 3 tahun, praktik di KM. Sunrise Warrior (PT Bahari Nusantara)
2. Achmad Ariq Naufal asal Makassar (IPK 3,77) lama studi 4 tahun, praktik di KM. Pusaka Prima (PT May Maritime Service SDN BHD)
3. Andi Chandra Ramadana asal Makassar (IPK 3,69) lama studi 4 tahun, praktik di MV. Nadhif (PT Gurita Lintas Samudera)

Lulusan Terbaik Prodi Transportasi Laut (Reguler)
1. Andi Rahmi Pawellangi asal Gowa (IPK 3,95) lama studi 4 tahun, praktik di PT. Kaltim Kariangau Terminal
2. Fransisca Sampe asal Tana Toraja (IPK 3,95) lama studi 4 tahun, praktik di PT. Pelindo Terminal Petikemas Makassar
3. Sri Nur Aulia asal Makassar (IPK 3,94) lama studi 4 tahun, praktik di PT. Pelindo Regional 4 Makassar

Lulusan Terbaik Prodi Transportasi Laut (Alih Jenjang)
1. Mastifaqi asal Kab Barru (IPK 4,0) lama studi 1 tahun 8 bulan, praktik di PT. Pelni (Persero) Cabang Parepare

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *