Profil Mohamed bin Zayed, Presiden Baru UEA, Penguasa Wilayah Timur Jazirah Arab

Presiden baru Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan. (Gonzalo Fuentes/Reuters)

SOLUSINEWS.ID – Uni Emirat Arab (UEA) adalah sebuah negara di Asia Barat. Negara ini terletak di sebelah timur Jazirah Arab yang berbatasan dengan Oman dan Arab Saudi.

Negara ini memiliki perbatasan maritim di Teluk Persia dengan Qatar and Iran. Ibu kota UEA adalah Abu Dhabi. Namun, Dubai menjadi kota paling populer dan terpadat di negara ini.

Uni Emirat Arab (UEA) memiliki 7 negara bagian (kerajaan) yaitu Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah, dan Umm al-Qaiwain.

UEA kini dinakhodai pemimpin baru yaitu Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) yang berusia 61 tahun, putra mahkota Kerajaan Abu Dhabi.

Bacaan Lainnya

MBZ secara resmi terpilih sebagai Presiden UEA pada hari Sabtu (14/5/2022), menggantikan presiden sebelumnya, Sheikh Khalifa bin Zayid Sultan al-Nahyan.

Sheikh Khalifa tak lain saudara tiri MBZ. Sebelumnya, Sheikh Khalifa menjadi Presiden UEA sejak 3 November 2004, menggantikan ayahnya, Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Disadur dari Aljazeera.com, penunjukan MBZ sebagai emir baru di UEA berdasarkan pertemuan dan keputusan 7 sheikh Dewan Tertinggi Pusat UEA, menyusul meninggalnya Sheikh Khalifa di usia 73 tahun pada hari Jumat (13/5/2022).

Usai pemilihan dan keputusan tersebut resmi diumumkan, beberapa tokoh UEA dan pemimpin negara luas memberi ucapan selamat kepada MBZ.

“Kami mengucapkan selamat kepadanya dan kami berjanji setia kepadanya, dan orang-orang kami berjanji setia kepadanya,” kata penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, di akun Twitter..

Beberapa jam kemudian, Presiden AS Joe Biden ikut memberi selamat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *