Puskesmas Jongaya Sosialisasi Pencegahan Penyakit Menular

Puskesmas Jongaya menggelar kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Penyakit Menular di aula puskesmas setempat, 28 September 2024.(*)

MAKASSAR, SOLUSINES.ID – Puskesmas Jongaya Dinas Kesehatan Makassar menggelar kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Penyakit Menular di aula puskesmas setempat, pada 26 dan 28 September 2024.

Adapun sasaran penyakit menular yang menjadi topik pencegahan yaitu TB, Kusta, dan Frambusia.

Kegiatan ini diikuti kalangan ibu-ibu warga Jongaya yang diberi pengetahun dan cara mencegah timbulnya penyakit menular tersebut.

Pencegahan TB dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa hal di antaranya vaksinasi, terapi, perilaku hidup bersih dan sehat, menggunakan masker, atau pemeriksaan kesehatan rutin.

Bacaan Lainnya

Sementara kusta atau lepra, pencegahannya dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan diri, terutama kulit, mandi minimal 2 kali sehari. dan menerapkan pola hidup sehat.

Frambusia adalah penyakit kulit kronis dan menular yang juga disebabkan oleh bakteri.

Pencegahannya dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dengan mandi menggunakan sabun dan air bersih setiap hari, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin.

Serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar serta menjalani pola hidup bersih dan sehat (PHBS).(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *