SMKN 3 Gowa Asah Kemampuan Siswa Baca Quran melalui Program RAM 2023

Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMK Negeri 3 Gowa melaksanakan program Ramadan Andalan Mengaji (RAM) tahun 2023 yang berlangsung selama sepekan.(*)

GOWA, SOLUSINEWS.ID – Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMK Negeri 3 Gowa melaksanakan program Ramadan Andalan Mengaji (RAM) tahun 2023 yang berlangsung selama sepekan.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 10 hingga 16 April 2023 ini diikuti siswa dan siswi kelas X dan kelas XI dari 10 jurusan di sekolah tersebut.

Selama kegiatan, peserta dibimbing membaca Al Quran yang benar atau berdasarkan tajwid.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMK Negeri 3 Gowa melaksanakan program Ramadan Andalan Mengaji (RAM) tahun 2023 yang berlangsung 10 hingga 16 April 2023.(*)

Mereka juga mendapat materi pengayaan seputar agama antara lain wudhu, tata cara dan bacaan salat wajib, mandi wajib, salat sunnah, keutamaan salat berjamaah, serta materi terkait puasa dan zakat.

Bacaan Lainnya

Kepala SMK Negeri 3 Gowa, Muhammad Jafar, mengatakan Program Ramadan Andalan Mengaji tersebut secara khusus untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis ayat Quran.

“Program Ramadan Andalan Mengaji merupakan program yang sangat bagus untuk anak-anak kami di SMK, dan yang lebih penting lagi mencari dan mengungkapkan kebenaran di lapangan siapa yang bisa mengaji dan siapa yang tidak bisa mengaji,” katanya.

Menurutnya kemampuan mengaji merupakan pondasi dasar yang kuat bagi pemenuhan moralitas keagamaan demi masa depan peserta didik.

“Karena itu kita harapkan dengan identifikasi anak-anak kami yang belum tahu mengaji, yang lambat mengaji dan yang lancar mengaji,” ujarnya.

Selain itu akan mempermudah siswa mencapai kompetensinya.

“Memenuhi kebutuhannya di dalam hal kemampuan mengaji mereka dan ini selaras dengan program prioritas Gubernur Sulsel tentang literasi Al Quran,” terang Muhammad Jafar.

Program Pemprov Sulsel pada bulan Ramadan 1444 Hijriah dalam rangka penguatan karakter dan akhlak peserta didik tersebut itu sebelumnya dibuka Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang kemudian serentak dilaksanakan di 465 SMA dan SMK lingkup Dinas Pendidikan Sulsel.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *