Stalaktit “Batu Jodoh” Leang Panning Park, Mitos atau Fakta ?

Pegunjung berpose dibawah "Batu Jodoh"

MAROS, SOLUSINEWS.ID, Bagi travellers yang pernah berkunjung ke tempat wisata Leang Panning Park, nama batu jodoh tentu bukan hal asing yang biasa kita dengar.

Di gua Leang Panning ini, selain travellers akan disuguhi eksotisme stalaktit dan stalagmit gua dengan temaram cahaya lampu yang indah, di gua ini juga terdapat staklatit yang dikenal “Batu Jodoh”.

Batu  ini meyerupai alat keperkasaan laki-laki dengan ukuran cukup besar, dan diujungnya mengeluarkan air yang menetes.

Oleh pengelola batu ini disebut “Batu Jodoh”, dan sudah dikenal sejak dulu oleh masyarakat.

Imran, Sekertaris KUPS Leang Panning, mengatakan bahwa batu jodoh ini menurut cerita yang berkembang selama ini , bahwa air yang menetes dari batu ini bisa membuat awet muda dan khusus wanita yang belum terbuka jodohnya, ketika air ini digunakan untuk membasuh muka atau badan, jodohnya akan cepat terbuka.

Terbukanya jodoh menurut cerita, karena aura positif akan terpancar dari wajah yang dibasuh.

Benarkah, air batu jodoh ini bisa membuat awet muda dan menampilkan aura positif sehingga cepat dapat jodoh ?

Lokasi “Batu Jodoh” di mulut gua

“Terkait kebenaran, saya tidak bisa mengatakan benar atau tidak, tapi saya hanya menyampaikan cerita yang selama ini berkembang di gua ini. Untuk pembuktian apakah ini mitos atau kah fakta, silahkan dicoba ” ujar Imran yang juga ketua Kelompok sadar wisata Leang Panning Park.

Pengunjung yang ketempat ini, khususnya wanita selalu menjadikan spot ini sebagai obyek foto, namun tidak sedikit juga laki-laki berpose ditempat ini.

Seperti Firsda Palma, wanita Toraja yang juga penyuluh kehutanan KPH Bulusaraung ini, pernah mencoba mengambil air untuk membasuh wajahnya. “Saya basuh muka, siapa tau kebenaran cerita terkait awet muda ada benarnya, tapi bukan untuk dapat jodoh, karena sudah ada” ujarnya senyum.

Dari beberapa pengunjung yang datang berulang ke Leang Panning , khusus wanita kenyataannya setiap mereka berkunjung air dari batu jodoh ini sering digunakan membasuh wajahnya.

“Air yang menetes dari batu ini, memang jernih dan segar, jadi ketika dibasuh di wajah, terasa kesegarannya. Kalau cerita yang berkembang itu benar, ya Alhamdulillah, ini juga bagian dari ikhtiar”  ungkap Ira, pengunjung asal Makassar.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar