Usai Dibenahi PDAM Makassar, Produksi IPA 4 Maccini Sombala kini Menjadi 300 Liter Perdetik

ilustrasi kantor Perumda Air Minum Kota Makassar

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Setelah sekitar 2 bulan membenahi kapasitas produksi dan suplai air di instalasi pengolahan air (IPA) 4 Maccini Sombala, kondisinya pun kini sudah normal.

Produksi air yang sebelumnya sekitar 250 liter per detik telah naik menjadi 300 liter per detik dengan melakukan beberapa perbaikan.

Perbaikan tersebut meliputi penggantian filter, pemasangan nozzle filtrasi, dan penggantian pasir kuarsa.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar, Beni Iskandar, mengatakan target tahun depan pada IPA 4 Maccini Sombala adalah meningkatkan kapasitas produksi sampai 325 liter per detik.

Bacaan Lainnya

Target itu bertujuan mengantisipasi dan melayani kebutuhan masyarakat yang bermukim di wilayah barat kota meliputi kawasan Barombong dan GMTD, termasuk sebagian wilayah utara kota.

“Saat ini ada sedikit keluhan pelanggan di daerah tersebut dan inilah yang menginisiasi kami untuk terus memperbaiki layanan agar suplai PDAM bisa lebih merata dan menjamin ketersediaan pasokan air bersih bagi masyarakat,” kata Beni, Minggu (24/7/2022).

Hal senada disampaikan Direktur Teknik PDAM Makassar, Asdar Ali. Ia mengatakan PDAM saat ini berupaya maksimal menambah debit air ke lokasi potensial penambahan jumlah pelanggan termasuk di Barombong.

Karena makin bertambahnya kawasan perumahan, tentu juga membutuhkan ketersediaan air bersih sebagai kebutuhan utama masyarakat.

Sementara Kepala IPA 4 Maccini Sombala, Ardiansyah, mengakui sebelumnya kapasitas produksi sempat menurun dalam 2 bulan terakhir sehingga pasokan air ikut terganggu ke kawasan perumahan di sekitar Tanjung dan Barombong.

“Tapi Alhamdulillah saat ini sudah selesai dan air kembali mengalirkan secara normal, produksi air juga sudah meningkat,” ungkap Ardiansyah sekaligus berterimakasih kepada semua rekan di bagian dan wilayah terkait yang membantu distribusi air kembali normal.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *