Walikota Danny Pomanto Dukung IAI Gelar Kongres Arsitek se-ASEAN di Kota Makassar

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berfoto bersama pengurus Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) di kediamannya Jl Amirullah, Rabu (18/1/2023).

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendukung rencana perhelatan ASEAN Architect Congress atau Kongres AIA ASEAN di Kota Makassar.

Event akbar itu akan mempertemukan ratusan arsitek yang akan digelar pada Juli 2023.

Danny, sapaan Ramdhan Pomanto, mengharapkan kegiatan itu mampu memberi solusi bagi dunia dari Indonesia, khususnya dari Makassar.

“Bisa buat from Indonesia untuk dunia. Atau dengan tema Local Innovation to Global Solution (Inovasi lokal untuk dunia),” kata Danny di sela-sela pertemuannya dengan pengurus Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) di kediamannya Jl Amirullah, Rabu, (18/1/2023).

Bacaan Lainnya

Bukan hanya eksistensi para arsitek di dunia bangunan, namun juga diharapkan ada desain fasilitas lain seperti tanaman.

Hal itu menurut Danny berdasarkan pengalamannya pada City Farming Sky Greens Singapore, beberapa waktu lalu. Ia mengaku desain Urban Farming (pertanian kota) di ajang itu membuatnya takjub.

“Pola seperti itu patut menjadi inovasi IAI,” tambahnya.

Ia memaparkan bahwa di ajang City Farming Sky Greens Singapore ditampilkan fasilitas teknologi pertanian terbarukan dimana menerapkan sistem rendah karbon bergerak secara hidrolis.

“Air yang digunakan digerakkan vertikal sebagai media tumbuh sayuran. Teknologi ini memberikan hasil panen yang tinggi dengan menggunakan air, energi serta sumber daya alam yang lebih sedikit,” terangnya.

Wali Kota Danny juga mengaku Makassar siap menjadi tuan rumah ASEAN Architect Congress nanti.

“Suatu kehormatan bagi Makassar karena dilirik menjadi penyelenggara, tentu kami sangat berbahagia,” akunya.

Sementara Ketua Umum IAI, Budi Yulianto, mengatakan pihaknya telah mencatat ada 10 negara ASEAN yang akan ikut. Setiap negara akan mewakilkan tiga sampai lima delegasinya.

Olehnya, dia mengharapkan dukungan dari Wali Kota Makasssar yang juga berlatar profesi seorang arsitek.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *