Bapenda Sulsel Ikuti Giat Peneguhan Komitmen Bersama Implementasi Opsen dan BBNKB di Jakarta

SOLUSINEWS.ID – Kepala Bapenda Provinsi Sulsel, Reza Faisal Saleh, mengikuti kegiatan peneguhan komitmen bersama dalam Implementasi Opsen PKB dan BBNKB di Hotel Grand Mercure Jakarta Harmoni, Rabu (18/9/2024).

Implementasi opsen PKB dan BBNKB ini nantinya secara efektif akan dilaksanakan mulai Tanggal Januari 2025.

Kegiatan peneguhan komitmen bersama dalam Implementasi Opsen PKB dan BBNKB ini digelar Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan RI.

Pesertanya adalah para Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dari seluruh provinsi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Kepala Bapenda Sulsel Reza Faisal Saleh dalam rilisnya menyampaikan Opsen PKB dan BBNKB merupakan salah satu upaya pemda dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dan mengurangi ketergantungan terhadap dana perimbangan dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Hal itu juga tertuang dalam UU Nomor 1 Tahun 2022 yang mengatur hubungan keuangan antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait pemberlakuan Opsen atas PKB dan BBNKB di Tahun 2025.

Ia menambahkan peraturan Opsen bertujuan untuk mempercepat penerimaan PKB dan BBNKB bagi kabupaten/kota dan sinergi pemungutan pajak antar provinsi dan kabupaten/kota agar tidak menambah beban wajib pajak.

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan diskusi panel dimana Kabid PAD Bapenda Sulsel Darmayani Mansyur menjadi salah satu narasumber.

Darmayani menerangkan materi tentang “Langkah-langkah Kesiapan Pemberlakuan Opsen PKB, Opsen BBNKB, dan Pajak MBLB di Provinsi Sulsel”.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *