Jagung Marning Warung Pondok Bambu di Bulukumba, Rasanya Assipaa’ Bangets!

Jagung Marning, oleh-oleh khas Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. (redo/solusinews.id)

SOLUSINEWS.ID – Kabupaten Bulukumba adalah salah satu daerah destinasi wisata andalan di Sulsel. Pesona alam pantai berpasir putihnya tersebar di semenanjung Bira di ujung kaki Pulau Sulawesi.

Dengan gugusan tebing karang di pesisir Butta Panrita Lopi, julukan Bulukumba, kian menambah keindahan panorama alamnya.

Tak heran Bulukumba kan selalu menjadi destinasi wisata bahari terpopuler wisatawan domestik dan mancanegara.

Selain itu, Bulukumba juga memiliki kuliner khas yang sudah dikenal luas yaitu Jagung Marning. Makanan ringan ini terbuat dari olahan jagung kering kemudian digoreng.

Bacaan Lainnya
Monti Marning, merek produk jagung marning di Bulukumba

Rasanya enak dan renyah dengan aneka varian rasa. Jagung marning ini pun menjadi produk cemilan favorit masyarakat dan oleh-oleh pelancong maupun wisatawan yang berkunjung ke Bulukumba.

Selain kerap dijajakan di beberapa destinasi wisata bahari Bulukumba, jagung marning ini dapat juga ditemukan di sejumlah tempat di wilayah perkotaan Bulukumba.

Seperti di bilangan Jl Kusuma Bangsa, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Bulukumba, terdapat beberapa kios dan warung yang menjual produk jagung marning dalam kemasan plastik bening anti bocor model standing pouch ber-klip ziplock.

Salah satunya di Warung Kapurung Pondok Bambu (Pondok Pugalu) milik keluarga Ibu Lalla Baso yang berada di tepi poros Bulukumba-Sinjai.

kapurung komplit

Di warung sederhana dan bersih ini, selain menyediakan menu makanan khas asal Luwu Raya yaitu Kapurung dan Pugalu, juga menjual produk jagung marning aneka varian rasa seperti asin, pedas, pedas-manis, ekstra hot, dan rasa gula merah.

Selain rasanya gurih dan lezat, jagung murning olahan  Warung Kapurung Pondok Bambu Caile ini tersedia dalam ukuran yaitu kecil dan besar.

Harga jagung marning kemasan kecil (100 gram) hanya Rp 5.000 per bungkus dan ukuran besar (200 gram) Rp 10.000 per bungkus.

Pemilik Warung Kapurung Pondok Bambu/Pugalu Caile, Ibu Lalla Baso, mengatakan usaha warung kapurungnya dirintis di Bulukumba sejak tahun 2004.

Warung Kapurung Pondok Bambu (Pondok Pugalu), Caile, Bulukumba

Produk jagung marning Ibu Lalla Baso diberi nama Monti Marning yang dibuat sendiri bersama keluarga. Apalagi bahan bakunya cukup melimpah dari beberapa kecamatan penghasil komoditas jagung di Bulukumba.

Selain bisa menikmati langsung menu kapurung dan jagung marning di warung ini, warga juga bisa memesan dan diantarkan ke rumah atau tempat kerjanya dengan cara menghubungi nomor kontak 0813-5587-7358 atau melalui aplikasi online lokal seperti Klik Quick, Oke Jack, dan Adajek.

Peluang usaha rumahan

Jagung marning juga adalah cemilan yang digemari sejumlah kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, bisa dijadikan oleh-oleh atau bingkisan untuk keluarga, kerabat dekat, atau teman.

Jadi, cemilan ini dapat menjadi peluang usaha bagi siapapun. Selain tak butuh modal besar, juga tak terlalu sulit memasarkannya sehingga dapat dijadikan bisnis rumahan dimana saja.

Jika tak ingin repot membuat sendiri jagung marning untuk dijual, Anda bisa menjadi reseller atau menjual ulang  cemilan ini.

Caranya bisa dengan memesan dari distributor atau pembuat jagung marning yang sudah dikemas kemudian Anda pasarkan sendiri di daerah Anda atau ke teman-teman Anda. Gampang bukan?(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *