Kerjasama Balit Serealia Maros, Bupati ASA Harap Produksi Jagung Sinjai Meningkat

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) melakukan tanam perdana jagung hibrida di Lingkungan Tanassang, Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara, Sabu (10/4/2021).

Lokasi penanaman berada di atas tanah milik Pemkab Sinjai seluas 5 hektare.

Kegiatan ini merupakan program Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Sinjai, bekerjasama Balai Penelitian Tanaman Serealia Balitbang Pertanian Maros.

Bacaan Lainnya

Pelaksana Tugas Kepala Dinas TPHP Sinjai, A Ilham Abubakar, mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mengetahui jenis varietas jagung hibrida yang memberikan produksi tinggi pada lahan sawah dataran.

“Melalui penanaman jagung hibrida ini diharapkan kedepan Sinjai melalui Dinas TPHP dapat melaksanakan penangkaran dan pengembangan jagung hibrida dengan berbagai jenis varietas, ” sebutnya.

Sementara itu, Bupati ASA menyambut baik kerja sama Dinas TPHP Sinjai dengan Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros.

Harapannya, kerja sama itu bisa meningkatkan produktivitas khususnya jagung di Sinjai di masa akan datang.

“Lahan persawahan di daerah kita masih banyak mengandalkan air tadah hujan sehingga kita harapkan lahan sawah yang tidak bisa ditanami padi karena cuaca bisa dialihkan untuk ditanami jagung, ” jelasnya.

Selain itu Bupati ASA mengharapkan petani Sinjai dibantu mengatasi masalah hama sehingga mendorong masyarakat petani menanam jagung.

“Apalagi hasil penelitian jagung dari balai sereal ini banyak varietasnya dan berkualitas tinggi,” paparnya.

Perwakilan Balai Penelitian Tanaman Serealia Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kemeterian Pertanian RI, Ir Syahrir Pakki, mengaku siap bekerjasama Pemkab Sinjai dalam meningkatkan produktivitas jagung di Sinjai.

“Kami akan menjadi tenaga pendamping dalam pengembangan jagung baik dalam bentuk pemilihan varietas benih yang cocok maupun terkait dengan teknologi pengembangan jagung,” tandasnya.

Dalam kegiatan itu,  Bupati ASA juga melakukan ujicoba sistem penanaman jagung menggunakan mesin tanam jagung.(*)

Pos terkait