Kominfo Makassar Gelar Bimtek Metadata Statistik Sektoral

Dinas Kominfo Makassar menyerahkan sertifikat kepada SKPD yang telah berhasil melakukan pengisian metadata statistik sektoral dalam acara Bimtek Membangun Metadata Statistik Sektoral di Balai Kota Makassar, Selasa (2/10/2024).(*)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Membangun Metadata Statistik Sektoral yang berfokus pada Evaluasi Kualitas Metadata.

Kegiatan berlangsung di Balai Kota Makassar, Selasa (2/10/2024).

Sebelumnya, Kominfo Makassar telah melakukan pendampingan pengisian metadata statistik sektoral kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Makassar dari 26 Agustus hingga 5 September lalu.

Bimtek ini dibuka langsung oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Pengembangan SDM, Aryati Puspasari Abady, dan diikuti oleh seluruh perwakilan SKPD Kota Makassar.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Aryati menekankan bahwa data berkualitas akan membantu memahami kondisi daerah secara mendalam, mengidentifikasi masalah, serta merumuskan solusi yang tepat.

“Data statistik sektoral yang akurat dan terpercaya merupakan fondasi yang kokoh dalam perencanaan, pengambilan keputusan, dan evaluasi kinerja pembangunan,” ucapnya.

“Evaluasi kualitas metadata yang kita lakukan hari ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas data statistik sektoral di Kota Makassar,” tambahnya.

Kabid Pengelolaan Data Elektronik Kominfo Makassar, Suhendra, mengajak seluruh peserta untuk terus berupaya meningkatkan kualitas metadata.

“Semoga seluruh produsen data dapat menyediakan metadata statistik sektoral yang sesuai dengan prinsip Sistem Data Integrasi (SDI),” tuturnya.

Acara ini juga menghadirkan dua narasumber dari Badan Pusat Statistik Sektoral (BPS) Kota Makassar yang membagikan wawasan berharga.

Dalam acara tersebut Kominfo Makassar menerima plakat penghargaan dari BPS Makassar atas evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral tahun 2024.

Selain itu, Kominfo Makassar juga menyerahkan sertifikat kepada SKPD yang telah berhasil melakukan pengisian metadata statistik sektoral.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *