Komunitas Guru Akselarasi Adaptif Gelar Webinar tentang Teknologi AI dalam Pembelajaran Modern

Komunitas Guru Akselerasi Adaptif kembali mengadakan webinar ke-2 pada bulan Oktober 2024.(ist)

KINABALU, SOLUSINEWS.ID – Komunitas Guru Akselerasi Adaptif kembali mengadakan webinar ke-2 pada bulan Oktober 2024.

Webinar kali ini berlangsung dengan tema “Artificial Intelligence Solusi Cerdas dalam Pembelajaran Modern dan dihadiri oleh berbagai guru, baik guru-guru yang berada di Indonesia maupun guru-guru di Luar Negeri seperti Malaysia dan Arab Saudi.

Acara yang diadakan melalui platform zoom ini, diawali dengan sambutan founder sekaligus ketua komunitas guru akselerasi adaptif, Negara Mangkubumi.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa walau masih seumur jagung kehadiran komunitas ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi untuk menghiasi perjalanan siklus perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan, tema webinar malam ini merupakan ikhtiar kita bersama menghadapi tantangan teknologi yang makin massif dalam berbagai konteks kehidupan.

Narasumber utama pada webinar ini adalah Bapak Mansur, Microsoft Certified Educator, guru matematika dari SMPN 2 Pangsid Kab. Sidrap, Sulawesi Selatan.

Pak Mansur berbagi bagaimana AI dapat membantu dalam pembelajaran adaptif, memungkinkan guru menyediakan materi, media, hingga evaluasi yang relevan dengan kebutuhan setiap murid.

Beliau juga mendemonstrasikan Microsoft Copilot AI dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi Whatsapp, juga menunjukkan hasil eksplorasi menuliskan prompt pada Microsoft Copilot AI dalam menunjung kebutuhan dan keinginan user dalam hal ini guru.

Paparan materi yang disampaikan narasumber menunjukkan hadirnya AI dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Ia juga menegaskan, bantuan AI tetap memerlukan validasi dari user sehingga potensi AI bisa membantu secara maksimal.

Webinar ini dihadiri sekitar 100 guru dari berbagai daerah di Indonesia termasuk dari beberapa Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif dan memberikan banyak wawasan bagi para peserta webinar.

“Ilmu yang kita peroleh pada malam ini, jangan berhenti sampai diri kita saja, tapi berbagilah kepada teman-teman di sekitar kita minimal dengan teman-teman di sekolah”, ucap Pak Mansur dalam closing statement-nya.(*)

Citizen Journalism,

Negara Mangkubumi, Founder/Ketua Komunitas Guru Akselerasi Adaptif

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *