Masalah PKL Jualan Depan Sekolah Irnas, Camat Bontoala dan Kapolsek Turun Beri Solusi

Rapat mediasi antara pihak sekolah Yayasan Irnas dengan PKL yang berjualan di depan sekolah, yang difasilitasi Pemerintah Kecamatan Bontoala, Kelurahan Tompo Balang, dan Polsek Bontoala, Selasa (21/11/2023), di kompleks sekolah Yayasan Irnas, Jl Kubis, Kelurahan Tompo Balang, Kecamatan Bontoala.(*)

BONTOALA, SOLUSINEWS.ID – Pemerintah Kecamatan Bontoala bersama Polsek Bontoala dan elemen terkait menggelar rapat koordinasi sekaitan persoalan lumpuhnya aktivitas pendidikan di sekolah Yayasan Irma Suryani Nasution (Irnas) Kota Makasar akibat keberadaan aktivitas pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di depan akses masuk ke sekolah tersebut.

Rapat koordinasi tersebut digelar, Selasa (21/11/2023), di kompleks sekolah Yayasan Irnas, Jl Kubis, kelurahan Tompo Balang, Kecamatan Bontoala.

Dalam pertemuan yang menfasilitasi pihak Yayasan Irnas dengan para PKL yang berjualan di depan sekolah tersebut, dihadiri Plt Camat Bontoala Aswin Karatapati Harun, Kapolsek Bontoala.

Bacaan Lainnya

Lurah Tompo Balang Muh Yunus, Wakil DPRD Makassar, RT, RW, dan PD Pasar diwakili Kepala Pasar Terong, dan pengelola/pemilik Yayasan Irnas.

Melalui mediasi antara pihak Yayasan Irnas dengan pihak PKL terkait, dibahas persoalan dan solusi agar PKL tidak lagi  berjualan di depan akses masuk sekolah Irnas, Jl Kubis.

Pasalnya, sejak mereka berjualan di lokasi tersebut, kondisi sekolah Irnas kian kekurangan pelajar bahkan mengakibatkan kelumpuhan aktivitas pendidikan di sekolah tersebut.

Hasil pertemuan ketiga terkait masalah tersebut, Plt Camat Aswin menyampaikan melalui rilis Lurah Tompo Balang Muh Yunus bahwa dihasilkan beberapa solusi yaitu :

  1. PKL yang sebelumnya berjualan di depan sekolah Yayasan Irnas di Jl Kubis, bersedia pindah ke gedung Pasar Terong di lantai 2 bila sudah disiapkan tempat yang layak untuk berjualan.
  2. PKL siap membongkar sendiri lapaknya tanpa melibatkan aparat Satpol PP
  3. Yayasan Irnas akan memasang papan bicara di depan sekolah agar dapat beroperasi kembali sehingga tahun dpan dapat menerima siswa yang lebih banyak.
  4. Dirut PD Pasar Makassar Raya siap menyediakan lapak kepada para pedagang kaki lima untuk pindah ke tempat berjualan baru.(*)

Pos terkait