PDAM Kota Makassar Akan Luncurkan Aplikasi GIS untuk Layani Pemohon Sambungan Baru

ilustrasi : pimpinan Direksi dan Dewan Pengawas PDAM Kota Makassar.(source: rakyatku.com)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar akan meluncurkan inovasi baru berupa aplikasi yang dapat merespon dan melayani permintaan calon pelanggan atau sambungan baru.

Hal itu disampaikan Penjabat Direktur Utama Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar, Beni Iskandar, dalam kegiatan pra rapat koordinasi khusus (Rakorsus) tahap kedua, Senin (7/3/2022).

Pra Rakorsus itu diikuti organisasi perangkat daaerah (OPD) dan instansi lingkup Pemerintah Kota Makassar yang dihadiri Wali Kota Danny Pomanto.

Bacaan Lainnya

Beni menerangkan kehadiran PDAM Makassar di tengah masyarakat memiliki peran sebagai problem solver untuk memudahkan pelayanan atas keluhan pelanggan.

Untuk itulah dibentuk Tim Quick Respon yang akan dibekali aplikasi yang dapat memudahkan pelanggan menyampaikan keluhan yang akan ditindaklanjuti PDAM secepat mungkin.

Inovasi penerapan aplikasi ini merupakan satu dari tiga program PDAM Makassar yang akan segera diwujudkan.

Melalui aplikasi tersebut, calon pelanggan akan lebih mudah mengajukan permohonan sambungan baru.

Pemohon tidak akan menunggu lama karena PDAM Makassar akan menggunakan database berupa GIS (Geografic Information system) berbasis aplikasi

Dengan aplikasi tersebut, tim PDAM tidak perlu lagi turun ke lapangan melakukan survei lokasi pemohon.

Melalui database aplikasi yang dimiliki PDAM tersebut, bisa diketahui informasi teknis pipa eksisting dan tekanan air di lokasi yang akan dipasangi sambungan baru distribusi air PDAM.

Pemohon yang telah mendaftar dan membayar biaya sambungan baru pun bisa dengan cepat dan tak menunggu lama untuk menikmati layanan distribusi air PDAM.

“Jadi tidak perlu menunggu lama lagi untuk disurvei petugas karena sistem GIS sudah langsung memberikan informasi secara valid dan jelas,” terang Beni, dikutip dari rakyatku.com.

Selain program tersebut, PDAM Makassar memiliki agenda utama lainnya yang akan dilaksanakan yaitu menjalin kerja sama dengan Tim Pentahelix yang akan dibentuk Wali Kota Makassar.

Beni Iskandar menyampaikan PDAM akan terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat khususnya pelanggan air PDAM Kota Makassar.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *