PKM Dosen Prodi TP UKI Toraja Gelar Pelatihan e-Book di SMP 1 Makale

Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang diinisiasi tim dosen dari Universitas Negeri Makassar.(*)

MAKALE, SOLUSINEWS.ID – Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja bekerjasama SMP Negeri 1 Makale melaksanakan pelatihan e-book berbasis Kurikulum Merdeka.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan mengadaptasi teknologi informasi ini berlangsung 29-30 Januari 2024 yang diikuti jajaran guru SMP Negeri 1 Makale.

Tujuannya untuk membekali guru dan siswa dengan kemampuan dan pengetahuan dalam mengembangkan serta memanfaatkan e-book dalam proses belajar mengajar.

Materi pelatihan mencakup pengenalan dasar tentang e-book, cara pembuatan e-book yang menarik dan interaktif, hingga aplikasi e-book dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka.

Bacaan Lainnya

Pelatihan ini tidak hanya teoritis tetapi juga aplikatif, di mana peserta diajak untuk praktik langsung membuat e-book menggunakan berbagai platform/aplikasi flipbook.

Kepala SMP Negeri 1 Makale, Netty Sonda, S.Pd, mengatakan pelatihan ini sangatlah penting dan strategis dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, guru dan siswa kami menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam memanfaatkan teknologi informasi,” ujarnya dalam rilis ke redaksi solusinews.id, Jumat (23/2/2024).

Sementara tim pengabdian dari UKI Toraja yang dipimpin Drs Simon Ruruk M.Hum menyampaikan kegiatan bertujuan memberi solusi atas tantangan pembelajaran di era digital.

“Kami melihat pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan sebagai bagian dari upaya mempersiapkan generasi muda yang kompeten di masa depan.

E-book berbasis Kurikulum Merdeka ini diharapkan dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif dan efisien,” paparnya.

Pelatihan ini juga mendapat sambutan positif dari para peserta. Salah satu guru sekaligus Wakil Kepala SMP Negeri 1 Makale, David Tokada S.Pd mengatakan pelatihan tersebut membuka wawasan kami tentang bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan dalam pendidikan.

“Saya sangat antusias untuk segera menerapkan pengetahuan ini dalam pembuatan materi pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif untuk siswa saya,” ungkapnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tidak hanya meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan e-book tetapi juga memperkuat keterlibatan dan kolaborasi antara universitas dengan sekolah dalam menerapkan inovasi pendidikan.

Diharapkan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 1 Makale, sekaligus menyiapkan siswa untuk berkompetisi dan berinovasi di era global.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *