Sosialisasi Penanganan Uang Tak Bertuan, BHP Makassar Hadirkan Ketua APPUI

Peserta sosialisasi menyimak materi tentang sosialisasi peran BHP Makassar dalam mengelola uang tak bertuan yang digelar di Hotel Gammara Makassar, Selasa (7/12/2021).

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Balai Harta Peninggalan (BHP) Makassar menggelar Sosialisasi Kehadiran BHP dalam Mengelola Uang Tak Bertuan.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Gammara Makassar, Selasa (7/12/2021).

Tema sosialisasi yaitu Peran BHP dalam Mengurus Transfer Dana yang Pemiliknya Tidak Diketahui Keberadaannya.

Peserta kegiatan berasal dari lingkup KemenkumHAM Sulsel, lembaga jasa keuangan, perbankan, kejaksaan, dan stakeholder lainnya.

Bacaan Lainnya
Ketua BHP Makassar Mulyadi Arfah SH, MH, memberikan sambutan di acara sosialisasi Peran BHP dalam Mengelola Uang Tak Bertuan yang digelar di Hotel Gammara Makassar, Selasa (7’12/2021)

Narasumber dalam sosialisasi ini adalah Ketua Asosiasi Penyelenggara Pengiriman Uang Indonesia (APPUI), Eddy Hadiyanto, dan pejabat BHP Makassar, Dr Efraim Tana SH, MH.

BHP Makassar

BHP merupakan Unit Pelaksana Teknis yang secara struktural berada di bawah naungan Direktorat Perdata, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, KemenkumHAM RI.

Sementara Kantor BHP Makassar merupakan satu dari lima BHP yang ada di Indonesia. BHP Makassar memiliki wilayah kerja yang meliputi 13 provinsi di bagian timur Indonesia.

Peran dan fungsi BHP yaitu mengurus tentang kasus keperdataan antara lain perwalian, pengampuan, ketidakhadiran, hingga persoalan kepailitan.

Dalam hal perwalian, BHP berperan sebagai pengawas atau mewakili masyarakat yang karena putusan pengadilan, tidak cakap atau tidak mampu mengurus masalah keperdataan.

Selain itu menangani pengurusan harta peninggalan yang tak terurus (onbeheerde nalatenschap) termasuk masalah uang tak bertuan atau transfer dana yang pemiliknya tidak diketahui keberadaannya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *