Tips Mengembangkan Strategi Pesan yang Efektif di Media Cetak dalam Kampanye Pemilu

ilustrasi media massa cetak (source: reuters)

PERENCANAAN Pesan dalam suatu proses atau kegiatan komunikasi merupakan bagian dari penyusunan rencana strategis dalam tahapan Perencanaan Komunikasi.

Dalam merencanakan dan mengembangkan strategi pesan yang efektif pada media cetak dalam kampanye pemilihan, baik tim sukses paslon maupun KPU sebagai lembaga penyelengaran pemilu, perlu melakukan langkah strategis dalam menyampaikan pesan komunikasi sesuai kebutuhan masing-masing.

Pesan komunikasi untuk kampanye maupun sosialisasi ini umumnya berwujud publikasi di media massa cetak dalam berbagi bentuk kemasan pesan seperti berita, iklan display, advertorial, dan jenis publikasi lainnya.

Untuk itu dalam merencanakan dan mengembangkan strategi pesan yang efektif pada media cetak perlu lebih dulu menentukan jenis media massa cetak yang tepat.

Bacaan Lainnya

Apakah menggunakan media massa cetak seperti koran/surat kabar, majalah, tabloid, atau media cetak luar ruang seperti billboard/papan reklame, baliho, spanduk, banner, umbul-umbul, brosur, poster, pampflet/leaflet, termasuk penggunaan wahana wall painting, atau neon box.

Langkah strategis selanjutnya yaitu menentukan kemasan pesan yang sesuai dengan jenis media cetak yang dipilih.

Setelah itu dapat dipilih dan dibuat kemasan pesan berdasarkan kategori media cetak apakah jenis yang media dipilih adalah media cetak luar ruang atau non luar ruang.

Langkah strategis lainnya adalah menentukan wilayah atau zona geografis cakupan/jangkauan kampanye pesan melalui media cetak yang dipilih.

Langkah strategis ini bisa merujuk pada 3 model kampanye yaitu Kampanye Zona (penyebaran pesan di media pada satu wilayah tertentu),

Kampanye Krim (penyebaran media pada segmen / kelompok tertentu/potensial), dan ketiga Kampanye Nasional (penyebaran melalui media luar ruang berskala lebih luas/besar).(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *