15 Fakta tentang Haji Isam, Taipan Bisnis Asal Kalimantan Selatan yang Keturunan Bugis Bone

Haji Isam alias Andi Syamsuddin Arsyad

9. Induk bisnis Haji Isam adalah PT Jhonlin Group yang memiliki sektor bisnis mulai dari daratan, lautan, hingga udara.

Selain pertambangan, perusahaan induk ini menanungi sejumlah lini bisnis seperti agro industri, jasa pelabuhan, infrastruktur, jasa sewa pesawat jet, bahkan jasa bongkar-muat di laut lepas.

10. Punya hobi balap dan tim balap bernama Jhonlin Racing Team dengan fasilitas kelas dunia yang berada di area kediaman Haji Isam di Batu Licin, Kalimantan Selatan.

11. Luas lahan kediamannya sekitar 20 hektare yang terdapat area lintasan balap off road, landasan pesawat jet dan helikopter.

Bacaan Lainnya

12. Merupakan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang pernah bikin heboh karena menjadi Wakil Bendahara Tim Pemenangan pasangan Capres-Cawapres Jokowi – Ma’ruf Amin di Pilpres 2019, sedangkan DPW PAN Kalimantan Selatan saat itu resmi mendukung pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

13. Dikenal dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pabrik biodiesel miliknya, PT Jhonlin Agro Raya (JAAR), diresmikan langsung Presiden Jokowi. PT JAAR kemudian mulai beroperasi pada Oktober 2021.


Haji Isam mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Pabrik Biodiesel PT Jhonlin Agro Raya di Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu. (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

14. Tahun 2022 ini berencana membangun smelter nikel senilai 440 juta US dolar di Batu Licin yang dapat menyerap 10.000 tenaga kerja.

15. Berikut beberapa perusahaan milik Haji Isam yang merupakan bagian dari PT Jhonlin Grup :

  • PT Jhonlin Baratama (pertambangan)
  • PT Batulicin Steel (pabrik besi baja)
  • PT Eshan Agro Sentosa Group (perkebunan dan pengelolaan kelapa sawit)
  • PT Jhonlin Agro Raya (perkebunan dan pengelolaan kelapa sawit serta biodiesel)
  • PT Jhonlin Batu Mandiri (pengolahan karet remah dan minyak sawit)
  • PT Prima Alam Gemilang (pabrik gula di Bombana, Sulawesi Tenggara)
  • PT Dua Samudera Perkasa (pelayanan pelabuhan)

Informasi dan kegiatan terkait PT Jhonlin Grup beserta sejumlah unit perusahaan di bawah naungannya dapat diketahui dalam publikasi di website jhonlinmagz.com.

Itulah deretan fakta-fakta tentang sosok dan profil taipan asal Kalimantan Selatan yang dikenal dengan nama Haji Isam atau Andi Syamsuddin bin Arsyad.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *