5 Ide Peluang Bisnis Online untuk Korban PHK hanya Modal Hape

Bisnis online
Ilustrasi bisnis online.

SOLUSINEWS.ID – Tahun 2022, selain tahunnya kenaikan harga BBM, juga menjadi tahun kenaikan angka PHK (pemutusan hubungan kerja) bagi pekerja di berbagai sektor usaha maupun industri di Tanah Air.

Bagi mantan karyawan tetap maupun kontrak yang kehilangan pekerjaan akibat PHK di tempat kerjanya, sebagian mungkin akan merasa berat tidak lagi memiliki penghasilan tetap.

Apalagi jika setelah di PHK malah kian sulit untuk mendapat pekerjaan atau bingung untuk memulai usaha dan bisnis.

Meskipun ada yang mendapat pesangon, namun tentu tidak semua memiliki rencana atau ide usaha, bahkan bisnis sendiri yang sudah berjalan sebelum di-PHK.

Bacaan Lainnya

Bagi yang masih mencari dan belum menemukan pekerjaan baru maupun ide usaha, tak perlu terlalu resah dan bingung.

Berikut 5 peluang bisnis atau usaha online yang bisa menjadi referensi bisnis yang tentunya tak butuh modal besar dan bisa dijalankan hanya dengan bermodalkan HP atau smartphone.

1. Konten kreator

Menjadi konten kreator di media sosial bisa menjadi alternatif yang bisa menghasilkan cuan alias penghasilan.

Anda bisa menjadi konten kreator sesuai topik konten pilihan Anda dengan membuat channel di platform Youtube maupun di media sosial seperti Tiktok, FB, atau Instagram.

Lalu bersumber darimana saja pendapatan atau penghasilan dari YouTube maupun media sosial tersebut?

Ada sejumlah sumber cuan yang bisa didapatkan seorang konten kreator di media sosial, yaitu :

  • Iklan ; Platform media sosial, khususnya YouTube akan menayangkan iklan google ads secara otomatis pada konten di channel konten kreator yang telah memenuhi syarat. Dari penayangan iklan itu, konten kreator atau YouTuber bisa mendapat penghasilan setiap bulan.
  • Fitur berbayar ; Di YouTube maupun TikTok juga memiliki fitur berbayar yang bisa menjadi sumber penghasilan konten kreator seperti fitur super thanks dan super sticker (YouTube). Fitur sejenis juga terdapat di TikTok.
  • Endorse dan paid promote : Endorse merupakan penghasilan yang diperoleh konten kreator dengan me-review suatu produk sebagai bentuk promosi atau kampanye produk teersebut, baik itu produk barang maupun jasa.
  • Bintang tamu acara ; seorang konten kreator kerap diundang suatu perusahaan atau lembaga untuk menghadiri sebuah acara seperti acara peluncuran produk, kampanye suatu program, dan lainnya dengan tujuan promosi atau sosialisasi.
  • Merchandise ; konten kreator yang memiliki banyak pengikut bahkan bisa memanfaatkan kepopulerannya dengan membuat dan menjual merchandise sendiri. Bisa produk fashion atau produk lainnya yang bisa laris terjual.

2. Menjual video atau Foto

Bila memiliki hobi videografi atau fotografi, karya-karya tersebut bisa menghasilkan cuan dengan dipasarkan secara online di sejumlah situs penyedia foto maupun video berbayar.

Untuk video, bisa dijual di situs Shutterstock, Dreamstime, Alamy, atau situs serupa lainnya.

Sementara karya foto bisa dijual di situs antara lain ShutterStock, Getty Images, Adobe Stock, Foap, Alamy, Dreamstime, FreeDigitalPhotos, Depositphotos, iStockphoto, dan lainnya.

3. Membuat website atau blog

Memiliki website atau web blog sendiri bisa menjadi alternatif usaha online yang menghasilan pendapatan dari jaringan iklan seperti google adsense dan beberapa situs penyedia iklan online.

Selain itu, sumber pendapatan dari website atau blog bisa dari afiliasi marketing, menjual produk digital seperti eBook, iklan advertorial, copywriting, maupun menerima iklan langsung (direct) baik teks maupun banner.

4. Online Shop atau dropshiper

Selanjutnya membuka toko online atau Online shop untuk berjualan di dunia maya. Selain biayanya murah juga tidak memeras waktu dan energi menjaga toko tersebut.

Artinya, Anda tidak butuh toko dan etalase secara fisik untuk memajang produk yang dijual. Saat Anda tidur pun, toko online Anda bisa dikunjungi siapa saja dan memesan produk yang dijual.

Untuk membuka toko online alias oline shop pun sangat mudah karena ada sejumlah ‘pasar’ online atau situs marketplace atau e-commerce termasuk media sosial yang menyediakan layanan online shop.

Antara lain Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Facebook, dan lainnya.

Sementara dropshipper adalah reseller atau orang yang menjual produk dari satu atau beberapa supplier.
Dropshipper berbeda dengan pelaku online shop, karena seorang dropshipper tidak perlu menyimpan stok produk untuk dijual maupun mengirimnya kepada pembeli.

Dropshipper hanya bekerja memasarkan produk dari supplier kepada calon konsumen baik melalui toko online, media sosial, atau di situr marketplace.

5. Loket pembayaran dan Kios pulsa

Ide peluang usaha online lainnya yaitu membuka loket pembayaran digital dengan menggunakan aplikasi PPOB (Payment Point Online Bank).

Dengan menjadi mitra sebuah perusahaan penyedia aplikasi PPOB, maka siapa saja bisa menjual aneka produk digital seperti pulsa, paket data, maupun token listrik.

Selain itu, usaha loket pembayaran PPOB bisa melayani pembayaran tagihan rekening bulanan seperti listrik, air, BPJS, dan lainnya.

Bisnis mitra PPOB ini terbilang tidak butuh modal besar untuk memulai dan tidak ribet karena bisa dijalankan di rumah, sekolah, warung, dan dimana saja hanya dengan menggunakan HP.

Beberapa aplikasi PPOB ini disediakan beberapa perusahaan aplikasi PPOB maupun perusahaan e-commerce/marketplace antara lain Solusi Bayar, Bukalapak, shopee, Tokopedia, dan aplikasi e Wallet (OVO, DANA, linkaja, gopay, dan lainnya).

Itulah lima ide peluang usaha atau bisnis online yang bisa dijalankan dengan modal HP atau smartphone serta tidak butuh biaya besar.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *