Adakan Literasi Bencana kepada Generasi Muda dan Warga, BPBD Takalar Gendeng DMC Ikatek Unhas dan LPPM Unhas

LITERASI BENCANA. Tim DMC Ikatek Unhas dan LPPM Unhas menggelar kegiatan Sosialisasi Literasi Bencana Indonesia di Kabupaten Takalar, Sabtu (13/08/2022). (dok dmc ikatek unhas)

TAKALAR, SOLUSINEWS.ID – Disaster Management Centre (DMC) Ikatan Alumni Teknik Universitas Hasanuddin (Ikatek Unhas) dan Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Unhas menggelar kegiatan Sosialisasi Literasi Bencana Indonesia di Kabupaten Takalar, Sabtu (13/08/2022).

Kegiatan ini adalah pertama kali diadakan DMC Ikatek Unhas dan LPPM Unhas di Provinsi Sulsel dan langsung dibawa ke Takalar. Program ini sebagai kegiatan percontohan untuk kabupaten lain.

Pada kegiatan yang menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Takalar ini, dipusatkan di Desa Boddia, Kecamatan Galesong Selatan.

Ketua DMC Ikatek Unhas Muh. Syukri Turusi mengatakan, peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah siswa dari SMKN 1 dan SMKN 5 Galesong, Takalar.

Bacaan Lainnya

“Tujuan dan sasaran kegiatan Literasi Bencana ini adalah untuk memberikan edukasi kepada generasi muda dan warga sekitar tentang potensi bahaya bencana yang ada di sekitarnya,” kata Muh. Syukri Turusi.

Dengan program Literasi Bencana ini, kata Syukri, generasi muda dan masyarakat setempat diharapkan paham akan potensi bencana yang ada dan mampu melakukan kegiatan tanggap darurat jika bencana tersebut terjadi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Takalar Nuriksan Nurdin mengatakan pihaknya sangat berterima kasih dan bersyukur karena telah dipercaya untuk melakukan kegiatan Literasi Bencana Indonesia.

“Terima kasih kami (Desa Boddia) ditunjuk sebagai lokasi kegiatan ini. Sebab Desa Boddia adalah lokasi bencana terberat yang ada di tepi pantai Kabupaten Takalar pada beberapa tahun terakhir, akibat abrasi laut,” ujarnya.

“Tugas kita dari BPBD sangat terbantu, terutama dengan adanya edukasi terkait potensi bencana sehingga warga kita bisa mengantisipasi atau setidaknya mengurangi kerugian jika ada bencana,” ujar Nuriksan Nurdin.

Diketahui, DMC Ikatek Unhas adalah lembaga nonpemerintah yang bergerak di bidang aksi tanggap relawan kebencanaan. DMC merupakan unit lembaga di bawah naungan Ikatek Unhas.

Sejauh ini, DMC Ikatek Unhas telah turun tangan di berbagai bencan dan musibah yang terjadi di tanah air. Seperti bencana gempa di Mamuju, gempa Lombok, banjir bandang di Maumere NTT, Gempa Banten, dan lainnya.

Mari terus dukung aksi-aksi lapangan Team DMC Ikatek Unhas. Donasi dapat ditransfer melalui Bank BSI (451) No. Rek. 7709-9090-98 A.n DMC Ikatek Unhas. Konfirmasi transferan melalui nomor telepon 0813 4107 0900. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *