Berkat Komunikasi Bupati ASA di Kementan, Sinjai Dapat Bantuan 6 Ton Benih Kacang Tanah

SINJAI,SOLUSINEWS.ID – Dinas Tanaman Pangan, Hortikutura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai mendapat bantuan sebanyak 6 ton benih kacang tanah dari Pemerintah Pusat.

Bantuan ini diterima oleh Kadis TPHP Sinjai H.Kamaruddin dari distributor, di halaman Kantor Gabungan OPD, di Jl Persatuan Raya, Jumat pagi (15/10/2021).

Kamaruddin mengatakan, bantuan kacang tanah ini akan didistribusikan kepada kelompok tani yang ada di 4 kecamatan yakni,  Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, Bulupoddo dan Sinjai Selatan.

Kacang tanah ini diperuntukkan untuk 4 kelompok tani yang ada di empat Kecamatan dengan luas hektar pertanaman 50 hektar,”kata Kamaruddin usai terima bantuan.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, kelompok tani di Sinjai Utara akan mendapatkan benih kacang tanah untuk luas lahan 10 hektar, di Sinjai Selatan 10 hektar, Kecamatan Bulupoddo 10 hektar dan 20 hektar di Kecamatan Sinjai Timur.

“Komoditi kacang tanah ini terdiri dari tiga varietas, yakni, kacang tanah varietas kancil, varietas gajah dan kacang tanah varietas kelinci,”ujarnya.

Kamaruddin juga berharap, bantuan dapat menjadi pendorong para petani untuk dapat mengembangkan budidaya kacang tanah dengan lebih baik.

Kata dia, hal ini dikarenakan, kacang tanah merupakan komoditas yang cukup menguntungkan dan memiliki potensi pasar yang luas.

“Sebenarnya potensi kacang di Sinjai juga cukup besar, namun alokasi dari pemerintah pusat sangat terbatas. Kita bersyukur karena tahun ini kita dapat,”katanya.

“Sebenarnya diawal tahun bantuan ini direfocusing,  tetapi dengan upaya komunikasi yang dilakukan oleh bapak Bupati Sinjai ke Kementerian, bantuan ini dialokasikan kembali, ”lanjutnya.

Komoditas kacang tanah ini menjadi penting karena dijadikan salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat.

Sehingga, dengan adanya bantuan benih kacang tanah ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitasnya dan memperluas pasarannya agar petani lebih sejahtera.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *