Bupati ASA dan Ketua PKK Sinjai Mainkan Ketapel di Festival Olahraga Tradisional

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), ikut memperagakan permainan ketapel sebelum lomba digelar.(*)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto hadir menyaksikan Festival Olahraga Tradisional di Halaman Stadion H Andi Bintang, Minggu, (19/2/2023).

Festival ini dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahrga (Dispora) dan diikuti utusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Kelurahan, Desa, Sekolah dan Organisasi.

Pada ajang tersebut, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin, Pj Sekda Andi Jefrianto Asapa, Ketua TP PKK Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, bahkan ikut memperagakan permainan ketapel sebelum lomba digelar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sinjai Hasir Ahmad mengatakan Festival Olahraga Tradisional merupakan rangakian Semarak Februari Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-459.

Bacaan Lainnya

Selaian itu, merupakan program dari Dispora Sinjai yang sudah dirancang sebelumnya.

“Kegiatan ini juga kami jadikan sebagai ajang pencarian dan seleksi atlet. Tim yang sudah dibentuk Dispora mulai memantau calon atlet untuk ikut mewakili Kabupaten Sinjai di tingkat Provinsi pada festival olahraga tradisional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Pagga Kantoro menambahkan, dalam festival olahraga tradisional ini diperlombakan empat macam olahraga yakni Ketapel, Hadang, Engrang, dan Dagongan.

Empat lomba ini selain diikuti dari unsur pemerintah juga pencarian atlet.

Pagga mengatakan, untuk ketapel pencarian atlet putra, Hadang untuk putri, Engrang untuk putra, dan Dagongan putra masing umur 16-24 Tahun.

Dia menambahkan, mengambil olahraga tradisonal karena dianggap salah satu olahraga yang menarik yang perlu kembali diperkenalkan kepada generasi milenial agar mereka mencintai olahraga tersebut.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *