Bupati ASA Dijadwalkan Buka Festival Budaya Gau Pakkaja di Sinjai  

SINJAI,SOLUSINEWS.ID – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dijadwalkan membuka festival Budaya Gau Pakkaja, di Pelabuhan Cappa Ujung, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.

Festival budaya ini berlangsung selama sepekan mulai, 23 hingga 30 Oktober 2021, yang diawali dengan pertunjukan tari kolosal.

Demi suksesnya festival tergolong akbar di Sinjai ini, pihak pembina dari PKBM Todilaling dari Dinas Pendidikan (Diknas) Sinjai sudah sudah melakukan rapat koordinasi di Aula Handayani Dinas Pendidikan Sinjai, Kamis (21/10/2021).

Dalam rapat ini dipandu oleh Kadiknas Sinjai A. Jefrianto Asapa dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadis parbud) Yuhadi Samad serta dihadiri oleh, Satgas Covid-19, perwakilan Polres, Kodim 1424 Sinjai, beberapa OPD terkait, Lurah Lappa A. Rivai Azis dan Panitia Pelaksana.

Bacaan Lainnya

Kadis Pendidikan Sinjai A. Jefrianto Asapa mengatakan, festival budaya ‘Gau Pakkaja’ ini dilaksanakan oleh PKBM Todilaling program fasilitasi bidang kebudayaan (FBK) kategori pendayagunaan ruang publik Kemendikbud Ristek.

A Jefrianto mengatakan, mengingat event ini berskala besar, pihaknya sangat mengharapkan kepada seluruh pihak untuk berpatisipasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini, apalagi dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19.

“Kami sangat mengharapkan bantuan OPD dan seluruh stakeholder terkait agar kegiatan ini berjalan sukses sebab ini tentunya akan menggairahkan wisata dan budaya Sinjai secara keseluruhan,” jelasnya.

Menurut dia, program ini sangat erat kaitannya dengan Program Bupati Sinjai dalam hal pengembangan budaya daerah sehingga PKBM Todilaling yang dipercayakan menggelar event ini menjadi peluang bagi Pemerintah Daerah untuk mempromosikan berbagai kebudayaan lokal Sinjai.

Sementara, Kepala Disparbud Sinjai Yuhadi Samad menyambut baik rencana kegiatan ini dalam rangka memajukan budaya daerah melalui festival budaya “Gau Pakkaja”.

“Kami dari Disparbud sangat mengapresiasi kepada Dinas Pendidikan melalui PKBM Todilaling yang tak henti-hentinya mensuport untuk kemajuan budaya lokal yang ada di Sinjai, ” jelasnya.

Melalui event budaya ini, kata Yuhadi, menjadi ajang untuk memunculkan budaya “Gau Pakkaja” dan menjadi aset yang penting untuk mempromosikan Budaya Sinjai.

“Kita berharap staholder terkait lewat arahan bapak Bupati, semua OPD bisa bersinergi sehingga kegiatan ini berjalan baik dan menjadi barometer bagaimana mengangkat nilai-nilai budaya Sinjai yang pada akhirnya akan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sinjai,”pungkasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *