Bupati ASA Ingatkan KPPS Sinjai Agar Memahami Aturan dalam Pilkades

Bupati Sinjai A Seto Asapa (ASA) memberi sambutan di acara pembukaan bimtek KPPS Pilkades di Sinjai 2023.(*)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengharapkan pengalaman pelaksanaan pilkades di 54 desa di Sinjai tahun 2022 agar menjadi pembelajaran pada Pilkades yang akan digelar tahun 2023 di Sinjai.

Hal itu disampaikan Bupat ASA kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di Gedung Pertemuan Sinjai, Selasa (7/2/2023).

Menurutnya, permasalahan yang kerap muncul dalam pelaksanaan pilkades disebabkan panitia penyelenggara kurang memahami aturan yang telah ditetapkan.

Ia mencontohkan kasus coblos tembus karena kertas suara tidak terbuka secara utuh sehingga suara dinyatakan tidak sah.

Bacaan Lainnya

“Kasus seperti ini banyak terjadi di pilkades tahun lalu karena penyelenggara tidak memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat. Mudah-mudahan ini tidak terulang lagi di pilkades tahun ini,” jelasnya saat memberi sambutan sekaligus membuka bimtek KPPS tersebut.

Olehnya, ia mengingatkan panitia pilkades harus bekerja dengan amanah, jujur dan sesuai ketentuan, baik yang diatur dalam Undang undang, Peraturan Menteri maupun Peraturan Bupati (Perbup).

“Saya harap kepada peserta untuk mengikuti Bimtek ini secara sungguh-sungguh sehingga ilmu yang didapatkan dapat diaplikasikan di lapangan sehingga pelaksanaan pilkades berjalan aman dan damai serta melahirkan pemimpin yang bisa membuat masyarakat semakin sejahtera” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sinjai Dr Yuhadi Samad mengatakan pelaksanaan Bimtek ini untuk memberikan pemahaman kepada KPPS dalam menyelenggarakan pemungutan suara nanti.

Bimtek KPPS Pilkades ini berlangsung selama 2 hari dengan jumlah peserta 332 petugas KPPS. “Harapan kita semua yang mengikuti Bimtek ini paham dan mengerti peraturan dalam pelaksanaan pilkades nanti,” ujarnya.

Acara pembukaan bimtek turut dihadiri Wakil Bupati Sinjai Hj A. Kartini Ottong, unsur Forkopimda, Penjabat Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa,

Jajaran Kepala OPD dan para Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD). Selain itu hadir Ketua KPU Sinjai Muhammad Naim sekaligus bertindak selaku narasumber bersama Bupati ASA.

Pelaksanaan pilkades gelombang kedua tahun ini akan berlangsung di 13 desa pada tanggal 9 Maret 2023.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *