Bupati ASA Instruksikan Kepala Dinkes Bantu Bayi tanpa Lubang Anus Ditangani di Makassar

Kepala Dinkes Sinjai, dr Emmy dan jajarannya, saat berkunjung ke rumah keluarga bayi MS, Senin (10/4/2023), Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, untuk melihat kondisi bayi tersebut.(*)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), memberi atensi atas kondisi yang dialami warganya yang memiliki seorang bayi bernama MS (5 bulan) dengan mengalami masalah pada organ pembuangan di bagian anus dan penis.

Diketahui warga Sinjai tersebut beralamat di Jalan Bulu Saraung, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara.

Melalui Kepala Dinas Kesehatan, Emmy Kartahara Malik, mengatakan Bapak Bupati ASA langsung menginstruksikan setelah mendapat informasi atas kondisi yang dialami bayi pasangan Heri Gunawan dan Elsa tersebut.

Emmy dan jajarannya di lingkup Dinkes Sinjai pun berkunjung ke rumah warga bersangkutan, Senin (10/4/2023), untuk melihat kondisi bayi tersebut.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan bayi pasangan Heri-Elsa itu akan dirujuk pekan ini untuk menjalani operasi dan pengobatan di Rumah Sakit Tajuddin Khalid, Makassar.

“Insya Allah kita upayakan rujuk minggu ini. Semoga tidak ada kendala,” ungkap dr Emmy.

Sebelumnya, ibu sang bayi, Elsa, dikabarkan melahirkan anak kembar lima di Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai, 5 bulan lalu.

Salah satu bayinya yang bernama MS (5 bulan) mengalami kelainan fisik pada bagian pembuangan baik anus dan penis.

Sehari setelah bayi bersangkutan lahir, dia dirujuk ke Rumah Sakit Tajuddin Khalid Makassar untuk mendapatkan perawatan dan dibuatkan lubang pembuangan di bagian perut.

Seiring berjalannya waktu, kondisi bayi MS cukup memprihatinkan.

Terkait kondisi tersebut, pihak Dinkes Sinjai pun telah berkoordinasi dengan dokter bedah anak di RS Tajuddin Khalid Makassar dan dokter bedah bersangkutan dinyatakan siap melakukan operasi sebelum lebaran Idul Fitri.

Kepala Dinkes Sinjai dr Emmy menambahkan berkas administrasi milik keluarga bayi bersangkutan juga sudah dipersiapkan.

“Kartu BPJSnya juga sudah siap, dia terdaftar sebagai PBI APBD atau iurannya ditanggung Pemda sehingga kita upayakan minggu ini untuk dirujuk,” tambahnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *