Bupati Muslimin Bando Ukir 73 Penghargaan buat Enrekang selama 8 Tahun Memimpin

Bupati Enrekang, Muslimin Bando, dan Wabup, Asman.

Caranya, dengan mengubah hari kerja dari 6 hari menjadi 5 hari. Sabtu dan Minggu libur. Itu kesempatan bagi pegawai untuk menuntut ilmu,” ujar bapak empat anak ini.

Sebelumnya, bidang kesehatan selalu menjadi sorotan. Itu sebagai dampak dari terjadinya kekurangan dokter. Akibatnya, banyak warga yang berobat keluar daerah.

Merespons persoalan itu, MB kemudian mendatangkan empat dokter ahli dari Unhas. Olehnya, dokter ahli tersebut digaji dengan angka yang terbilang fantastis. Rp25 juta per bulan.

Bidang pertanian juga telah menunjukkan peningkatannya. Setiap tahun, produksi petani bawang merah mencapai 6.000 ton.

Bacaan Lainnya

Lahan pertanian yang tersebar di Kabupaten Enrekang seluas 6.000-7.000 hektare.

Omzet dari petani per satu kali panen mencapai Rp1,5 triliun. Melampaui PAD (Pendapatan Asli Daerah) Enrekang 2016 yang tidak lebih dari Rp1 triliun.

“Petani bawang kita dalam per hektarenya menghasilkan 10 ton. Sedangkan luas lahan pertanian bawang merah kita 6.000-7.000 hektare,” kata Muslimin Bando.

”Jika dikalikan dengan 6.000 ton dengan harga bawang merah sekarang Rp25 ribu, berarti uang yang masuk Enrekang melalui bawang merah mencapai Rp1,5 triliun. Lebih besar daripada PAD-nya Enrekang 2016,” tambahnya.

Atas capaian itu, menurut Muslimin, bank-bank yang ada di daerah ini memperoleh peringkat penabung terbesar.

Selain itu, Bumi Massenrempulu juga masuk tiga besar penghasil bawang merah di Indonesia. Karenanya, Enrekang bisa penentu terjadinya inflasi.

”Bukan hanya bawang. Tapi kita juga penghasil wortel, kol, kentang, cabe, kopi, lada, cengkeh dan masih banyak hasil bumi lainya,” kuncinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *