Camat Panakkukang Buka Pekan UMKM dan Luncurkan 3 Inovasi di Ajang Pesta Rakyat

Pekan UMKM Kecamatan Panakkukang berlangsung mulai 19 hingga 25 Agustus 2023.(*)

PANAKUKKANG, SOLUSINEWS.ID – Pemerintah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar menggelar Pesta Rakyat di pelataran Mal Panakkukang, Jalan Pengayoman, Kelurahan Masale, Jumat (18/8/2023) malam.

Kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI itu, juga dirangkai pembukaan Pekan UMKM dan peluncuran 3 Program Inovasi oleh Camat Panakukkang Andi Pangerang Nur Akbar.

Walikota Makassar Danny Pomanto bersama unsur Forkopimda turut menghadiri acara pembukaan kegiatan itu melalui Zoom Meeting.

Perayaan pesta rakyat ini serentak dilaksanakan di 15 Kecamatan se-Kota Makassar.

Bacaan Lainnya

Di Rappocini mengusung konsep tema Terus Melaju Indonesia Maju. Camat Andi Pangerang Nur Akbar mempersembahkan konsep berbeda Pesta Rakyat tahun ini.

Dibawah kepemimpinannya bersama Sekcam Panakkukang Abdul Muis, Pemerintah Kecamatan Panakkukang meluncurkan 3 program inovasi sekaligus yaitu Aplikasi Sikarannuang, Urban Farming Community, dan Bank Sampah RW Community.

Aplikasi Sikarannuang hadir untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan bagi masyarakat melalui handphone dalam mengurus administrasi.

“Warga dapat mengurusnya tanpa perlu bertemu pejabat dan bisa diantarkan dimana warga tersebut berada. Aplikasi ini bekerjasama dengan platform ojek online,” ujarnya.

Sementara itu konsep inovasi Urban Farming Community, Camat Eang, sapaannya, berkonsep menyatukan Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Tani di seluruh Lorong Wisata di Rappocini.

“Dengan berkolaborasi menciptakan urban farming-urban farming yang baru dengan memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif dan hasilnya tentu dapat dirasakan bagi masyrakat,” tambahnya.

Dan untuk inovasi Bank Sampah RW Community, Camat Panakkukang membuat gebrakam dengan mengajak para Ketua RW se-Kecamatan Panakkukang mengelola bank sampah sekaligus dapat bernilai ekonomis.

Camat Panakkukang bersama unsur Tripika, Ketua KNPI Kota Makassar, Sekcam Panakkukang, dan Ketua TP PKK Kecamatan Panakkukang menabuh gong sebagai tanda dibuka resmi kegiatan Pekan UMKM Kecamatan Panakkukang.

Pelaku UMKM diberikan ruang menghadirkan stan berjualan di pelataran Mall Panakkukang. Pekan UMKM Kecamatan Panakkukang berlangsung mulai 19 hingga 25 Agustus 2023.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *