Cuaca Ekstrim, BPBD Sinjai Imbau Warga Sinjai Tingkatkan Kewaspadaan

Kepala BPBD Sinjai Budiaman

SINJAI SOLUSINEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengeluarkan imbauan kepada masyarakat Sinjai untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca ekstrim.

Hal itu disampaikan BPBD setempat menyusul adanya peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang cuaca dan angin kencang yang diperkirakan berlangsung pada 24-26 Mei 2023 di wilayah di Kabupaten Sinjai.

Kepala BPBD Sinjai Budiaman mengatakan imbauan tersebut dikhususkan kepada warga yang bermukim di daerah pegunungan atau dataran tinggi serta pesisir pantai.

Masyarakat diimbau mewaspadai risiko banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan gelombang tinggi.

Bacaan Lainnya

Apalagi, cuaca beberapa hari terakhir wilayah Sinjai diguyur hujan dan di wilayah Kecamatan Sinjai Borong terjadi banjir yang mengakibatkan salah satu jembatan penghubung dua desa ambruk.

Terkait hal itu, Budiaman telah memerintahkan anggotanya ke lokasi kejadian untuk melakukan pendataan dan koordinasi dengan instansi terkait untuk perbaikan jembatan.

Selain itu, Budiaman mengaku telah menerima informasi dari Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa terkait kondisi ketinggian gelombang yang terjadi di teluk Bone.

“Kita berharap kepada nelayan untuk betul-betul memantau dan mengikuti perkembangan sehingga dapat lebih waspada dan siaga dalam menghadapi segala perubahan cuaca yang ada,” pungkasnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *