Dalam 4 Tahun Terakhir, Pembangunan Kecamatan Sinjai Utara Serap Anggaran Rp 228 Miliar

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) saat membuka Musrenbang RKPD Tahun 2024 di Aula Kantor Camat Sinjai Utara, Jumat (24/3/2023).(*)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai telah melaksanakan pembangunan dan pengadaan sarana-prasarana pelayanan publik di beberapa bidang di Kecamatan Sinjai Utara.

Selama kurung waktu 4 tahun, pembangunan infrastruktur fisik dengan total anggaran mencapai Rp 228,34 miliar telah dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Hal itu terungkap dalam laporan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dalam Musrenbang RKPD Tahun 2024 di Aula Kantor Camat Sinjai Utara, Jumat (24/3/2023).

Untuk di bidang Pendidikan, jumlah anggaran yang digunakan sebesar Rp 17,4 miliar yang dialokasikan untuk pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas pada PAUD, SD dan SMP, ruang guru, dan pengadaan meubeler laboratorium komputer.

Bacaan Lainnya

Selain itu untuk pembangunan ruang perpustakaan, pengadaan buku bacaan, pengadaan alat peraga, pengadaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi, pengadaan alat pembelajaran edukatif serta pengadaan peralatan alat laboratorium komputer.

Pada bidang kesehatan telah dilaksanakan berbagai program dengan anggaran sebesar Rp 54,64 miliar untuk pembangunan Ruang IGD, Ruang rawat inap, gedung rawat jalan, pengadaan Instalasi Pengolahan Limbah, dan Instalasi Pengolahan Air Bersih pada RSUD, serta Renovasi Puskesmas Lappa.

Pada Bidang Pekerjaan Umum telah dianggarkan sebesar Rp 142,71 miliar lebih untuk peningkatan jalan (aspal hotmix) sepanjang 20,58 km meliputi 35 jalan di ibukota kabupaten dan dua ruas jalan yaitu jalan ruas lingkar kantor Bupati-Tanassang-Tokka dan jalan Balle-Bulutana.

Selain itu digunakan untuk pembangunan Masjid Islamic Centre, pembangunan drainase perkotaan, pembangunan jaringan SPAM perpipaan kota, Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah, dan pembangunan/rehabilitasi sejumlah gedung milik pemerintah.

Pada bidang Perumahan dan Pemukiman telah dianggarkan sebesar Rp 6,4 miliar lebih untuk pembangunan jalan dan drainase kawasan perumahan, bantuan rumah swadaya 321 unit dan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Di masa pemerintahan Bupati ASA juga memberikan perhatian pada sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Pemkab Sinjai telah mengalokasikan anggaran cukup besar dalam mendukung mensukseskan tiga sektor itu.

“Untuk pembangunan jalan usaha tani, pembangunan kebun gizi keluarga PKK, dan pembangunan irigasi air tanah dangkal dianggarkan Rp 435 juta.

Dan untuk bidang Peternakan dianggarkan sebesar Rp 499,8 juta lebih untuk Bantuan Ternak Sapi dan Asuransi ternak sapi,” sebutnya.

Sementara di bidang Perikanan dianggarkan Rp 969,8 juta lebih untuk pengadaan bantuan kapal, mesin kapal, sarana budidaya polikultur, alat tangkap ikan, peralatan navigasi dan keselamatan pelayaran.

ASA menambahkan di sektor perindustrian dan perdagangan dianggarkan Rp 3,58 miliar lebih untuk pembangunan Pasar Balangnipa dan Sarana prasarana Sentra IKM Perikanan.

Selajutnya pada bidang Perhubungan dianggarkan Rp80 Juta untuk pemasangan traffic light di Jalan Halim Perdana Kusuma.

Di bidang keagamaan pemkab telah menganggarkan Rp 1,29 miliar untuk hibah rehabilitasi 30 masjid dan 6 Pondok Pesantren, serta bantuan Tahfidz Quran 40 santri.

Pada lingkungan Hidup Pemkab mengalokasikan Rp 251 juta untuk rumah pengomposan, pengadaan alat angkut dan kontainer sampah.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *