Dialog dengan Warga Cambayya, Kapolres Pelabuhan Makassar Imbau Jaga Persaudaraan dan Hindari Provokasi

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Muh Kadarislam, bersama jajarannya berfoto bersama di acara temu silaturahmi warga Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sabtu (8/5/2021).

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Kepala Polres (Kapolres) Pelabuhan Makassar, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, menggelar dialog dengan masyarakat Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sabtu (8/5/2021).

Dialog sekaligus silaturahmi jajaran Polres Pelabuhan dengan stakeholder Kelurahan Cambayya ini digelar sekitar pukul 16.00 WITA di Masjid Babussalam, Kelurahan Cambayya.

Turut hadir Wakapolres Pelabuhan, Kompol Mustafa Dani, Kapolsek Ujung Tanah, Kompol Arif Amiruddin, Kasat Intelkam Polres Pelabuhan, AKP Nur Marappe.

Serta Camat Ujung Tanah, Andi Unru, Lurah Cambayyya, Sember Pambahako, tokoh masyarakat, dan warga Cambayya lainnya.

Bacaan Lainnya

Kapolres AKBP Muh Kadarislam menjelaskan temu silaturahmi yang diisi dialog dan pembagian paket buka puasa itu bertujuan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif sekaitan rawannya terjadi konflik atau perang kelompok di wilayah Kecamatan Ujung Tanah.

Apalagi, beberapa rangkaian peristiea konflik antar kelompok warga di Cambayya sampai menimbulkan korban jiwa beberapa waktu lalu.

Suasana kamtibmas di Cambayya sebelumnya kondusif. Namun, pada tahun 2020 timbul konflik perang antar kelompok warga.

Kapolres AKBP Muh Kadarislam mengatakan pihak kepolisian setempat telah melakukan mapping terhadap peristiwa perang kelompok di Cambayya dan disimpulkan bahwa aktor utama kejadian itu bukan dari masyarakat Ujung Tanah.

Sejumlah pelaku tersebut diketahui berasal dari luar wilayah Ujung Tanah dan memprovokasi warga di Cambayya. Polres Pelabuhan juga telah mengantongi identitas para pelaku untuk ditindaklanjuti secara hukum.

“Oleh karena itu, mari kita senantiasa menjaga persaudaraan. Alangkah janggalnya jika kita yang bersaudara diprovokasi oleh orang yang tidak kita kenal,” imbau AKBP Muh Kadarislam.

Ditambahkan, situasi terkini di wilayah Lecamatan Ujung, khususnya di Kelurahan Cambayya, sudah mulai kondusif.

Dalam nuansa bulan suci Ramadan ini, Kapolres Pelabuhan juga mengajak masyarakat setempat saling menjaga ketertiban dan menghargai dalam nuansa kebersamaan sambil membantu langkah-langkah kepolisian dalam mengusut kasus perang kelompok di Cambayya.

“Mari kita menyayangi anak-anak kita dan memberikan perhatian penuh, mengingat mereka inilah yang menjadi generasi penerus kita semua,” pesan AKBP Muh Kadarislam.

Sementara Kapolsek Ujung Tanah, Kompol Arif Amiruddin, mengaku mengapresiasi sambutan baik masyarakat Ujung Tanah sejak dirinya menjabat kapolres di daerah itu.

Ia juga sangat berterimakasih bila masyarakat setempat senantiasa terbuka dan mau membantu kepolisian setempat menyelesaikan masalah perang kelompok di daerah tersebut.

“Terimakasih apresiasinya selama ini. Saya tidak akan bisa sukses tanpa bantuan dari masyarakat sekalian,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Camat Ujung Tanah, Andi Unru. ” Saya bersyukur di bulan puasa ini tidak ada kejadian. Semoga kedepan, setelah Idulfitri dan seterusnya tetap kondusif dan tidak ada lagi kejadian perang kelompok di wilayah kita,” tuturnya.

Ia juga berharap kepada jajaran kepolisian mampu menangkap dan memproses hukum terhadap pelaku pembusuran yang menyebabkan seorang warga Cambayya meninggal dunia.

“Untuk bapak-bapak masyarakat saya, mari saling menjaga anak-anak kita agar tidak terjadi lagi perang kelompok di wilayah yang kita cintai ini,” imbau Andi Unru.

Di akhir acara temu silaturahmi, Kapolres Pelabuhan AKBP Muh Kadarislam dan jajarannya berfoto bersama dengan masyarakat Cambayya lalu dilanjutkan acata pembagian paket buka puasa kepada masyarakat di sekitar Masjid Babussalam Cambayya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *