Dinas Perikanan Sinjai Siapkan 500 Kuota untuk Nelayan dalam Program Subsidi BPJS Ketenagakerjaan

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai Syamsul Alam

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Sebagi bentuk kepedulian terhadap keselamatan kerja kepada masyarakat di pesisir, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) terus melanjutkan program subsidi premi BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat nelayan di Sinjai.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai Syamsul Alam di ruang kerjanya, Senin (17/4/2023).

Ia menyebutkan tahun 2023 Pemkab Sinjai kembali mengalokasikan anggaran sebesar Rp 60 juta untuk menalangi anggaran subsidi premi BPJS Ketenagakerjaan untuk 500 nelayan.

“Kita ketahui pekerjaan sebagai nelayan itu risikonya sangat tinggi. Jadi program ini sudah berjalan sejak tahun lalu dan berlanjut pada tahun ini,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Adapun syarat memperoleh jaminan atau santunan kecelakaan kerja dan kematian melalui program subsidi BPJS Ketenagakerjaan untuk nelayan Sinjai tersebut adalah berdomisili Sinjai,

memiliki kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) dan berusia produktif atau dibawah 65 tahun.

Hingga bulan April 2023, jumlah nelayan Sinjai yang sudah mendaftar dalam program itu tercatat sebanyak 152 orang.

“Kuota yang kita siapkan 500 orang. Jadi kami imbau kepada nelayan untuk mendaftarkan diri di Dinas Perikanan agar ada jaminan pada saat melaut,” paparnya.

Dalam program itu, setiap nelayan hanya akan membayar angsuran premi BPJS Ketenagkerjaan sebesar Rp 6.800 per bulan sementara yang ditalangi pemerintah setempat sebesar Rp 10 ribu.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *