Disbudpar Sinjai Latih 40 Peserta Pengelolaan Desa Wisata

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Kabupaten Sinjai di Gedung Pertemuan Sinjai, Kamis (6/7/2023).

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Kabupaten Sinjai di Gedung Pertemuan Sinjai, Kamis (6/7/2023).

Pelatihan berlangsung hingga 8 Juli 2023 yang dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, A Ilham Abubakar.

Kedisparbud Sinjai Tamzil Binawan menuturkan pelatihan tersebut dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi agar profesional dan berkualitas dalam mengelola Desa Wisata.

Sebanyak 40 peserta mengikuti kegiatan tersebut. Mereka merupakan perwakilan dari 20 Desa Wisata bentukan Disparbud Sinjai.

Bacaan Lainnya

“Jadi nanti hari terakhir 8 Juli 2023 kita akan laksanakan di Desa Barania, Sinjai Barat,” pungkasnya.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, A Ilham Abubakar, menegaskan pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola Desa Wisata.

“Agar  mampu mengetahui dan memahami pengetahuan dasar tentang kepariwisataan serta pentingnya sapta pesona dalam mewujudkan masyarakat sadar wisata,” paparnya.

Menurutnya, kehadiran Desa Wisata berperan sentral dalam mendorong sektor perekonomian masyarakat setempat.

Desa Wisata dapat menciptakan lapangan kerja yang dampaknya akan mengurangi pengangguran.

Hal itu dapat terwujud jika pengelola desa dapat menghimpun seluruh potensi yang ada.

Desa Wisata bukan hanya menyajikan keindahan alam, panorama, adat dan budaya.

“Namun juga harus sejalan dan seiring dengan pengembangan potensi lainnya seperti dari segi UMKM, akomodasi, rumah makan dan lainnya,” terangnya.

Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai,  Yuhadi Samad, praktisi Poltekpar Makassar, Margaretha, dan Ketua Umum Asosiasi Desa Wisata Indonesia, Andi Yuwono.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *