Dispopar Enrekang Latih Pemuda Buat Kerajinan Bambu

Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang menggelar pelatihan kerajinan anyaman bambu yang diikuti sejumlah pemuda di aula Villa Bambapuang, Kamis (27/5/2021).

ENREKANG, SOLUSINEWS.ID – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang menggelar kegiatan koordinasi, sinkronisasi, dan peningkatan kapasitas daya saing wirausaha pemula di aula Villa Bambapuang, Kamis (27/5/2021).

Kegiatan itu dilaksanakan melalui Bidang Kepemudaan Dispopar setempat. Sebanyak 20 peserta mengikuti kegiatan tersebut.

Mereka adalah inkubasi pemuda kerajinan tangan bambu yang tersebar di Kabupaten Enrekang.

“Peserta yang diundang  adalah pemuda yang beraktivitas di sekitar obyek wisata. Mereka disiapkan mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Enrekang,” kata Kasi Pemberdayaan dan Kreativitas Pemuda, Fitria, Jumat (29/5/2021).

Bacaan Lainnya

Tujuan kegiatan itu juga untuk memberdayakan dan meningkatkan kompetensi serta kreativitas pemuda melalui kerajinan tangan.

“Kita harapkan merek mampu menciptakan lapangan kerja, khususnya mendukung sektor pariwisata di Enrekang,” tambahnya.

Selama kegiatan berlangsung, peserta diberi wawasan dan arah langsung dari Kepala Dispopar Enrekang, Dadang Sumarna, dan Kepala Disperindag, Abdul Wahab.

Ketua Dekranasda Kabupaten Enrekang, Hj Johra MB, hadir dan mendukung kegiatan pelatihan membuat kerajinan bambu yang digekar Dispopar Enrekang

Peserta juga langsung menggelar praktik membuat kerajinan tangan dari bahan bambu seperti gantungan balon lampu, tas, tempat nasi, dan lainnya.

Kegiatan membuat kerajinan dan ayaman dari bambu ini dipandu oleh instruktur kerajinan tangan bambu, Toni.

Ketua Dekranasda Enrekang

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Enrekang, Hj Johra MB, menyempatkan hadir dan menyaksikan langsung kegiatan peserta membuat kerajinan bambu.

“Sebagai Ketua Dekranasda, saya sangat mendukung kegiatan ini. Ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Enrekang untuk mendorong pengembangan UMKM,” ujarnya.

Ia mengajak peserta kegiatan bersungguh-sungguh menekuni kerajinan bambu tersebut.

“Pelatihan kerajinan bambu ini bukan hanya bisa mengisi lapangan kerja, namun juga menyerap tenaga kerja baru,” tutur Johra MB yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Enrekang.

Di akhir acara, Hj Johra MB didampingi Kepala Dispopar Enrekang dan Kabid Kepemudaan, Haeril Achmad, menyerahkan sertifikat kepada peserta.

Hj Johra MB turut menerima baju seragam dari Kepala Dispopar Enrekang sebagai bentuk ucapan terima kasih karena Dekranasda Enrekang telah mendukung kegiatan itu.

Selama kegiatan, peserta dan panitia tetap menerapkan protokol kesehatan.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *