Dongkrak Ekonomi Pedesaan, Bupati ASA Genjot Pembangunan Akses Jalan

Bupati ASA
Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Pandemi Covid-19 tak menjadi penghalang bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), membuka akses perekonomian warganya hingga ke pelosok.

Di tahun ketiga pemerintahannya, Bupati ASA kembali akan menuntaskan pembangunan infrastruktur jalan.

Totalnya sebanyak 15 ruas jalan yang tersebar di enam kecamatan, dengan  panjang 20,80 Kilometer (Km).

Bahkan hingga awal mei 2021, sejumlah ruas jalan yang masuk dalam perencanaan telah tuntas atau rampung dikerjakan melalui Dinas PUPR Sinjai.

Bacaan Lainnya

Pembangunan infrastruktur ini merupakan komitmen Pemkab Sinjai dalam meningkatkan infrastruktur jalan di Bumi Panrita Kitta.

Mengingat keberadaan infrastruktur yang memadai seperti halnya jalan menjadi kunci dalam memajukan perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Sinjai.

Menurut Bupati ASA, pembangunan infrastruktur yang digenjot sejak awal pemerintahanya ini akan berdampak positif bagi masyarakat.

Sebab taraf hidup dan perekonomian masyarakat tentunya akan ikut meningkat dengan tersedianya fasilitas akses jalan yang memadai.

“Ini akan berdampak pada ekonomi masyarakat karena potensi pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan akan mudah untuk diangkut melalui akses yang baru nanti,” kata Bupati ASA, Kamis (27/5/2021).

Peningkatan infrastruktur jalan tersebut juga bakal membuka daerah terisolir dan memperlancar akses transportasi dalam menggerakkan roda perekonomian warga di pedesaan.

“Tujuannya bagaimana kita membuka daerah terisolir, menghubungkan antara satu daerah ke daerah lain seperti antara kecamatan, desa, hingga antar kabupaten,” terang ASA yang juga putra Bupati Sinjai periode 2003-2013, Andi Rudianto Asapa.

Lokasi Pembangunan Jalan

Data Dinas PUPR Sinjai, sebanyak 15 ruas jalan yang dikerjakan tahun ini diantaranya menghubungkan akses jalan di Desa Gunung Perak-Balakia, Kecamatan Sinjai Barat, sepanjang 0,250 Km.

Akses jalan Desa Kompang-Pattongko, Kecamatan Sinjai Tengah, sepanjang 0,180 Km. Pembangunan ruas jalan itu menggunakan sumber Dana Alokasi Daerah (DAK).

Selanjutnya, ruas jalan Desa Tobeni-Biroro 2,95 Km, Kolasa-Lengkese 2,09 Km, Passahakue-Maccini 1,65 Km, yang masing-masing berada di Kecamatan Sinjai Timur.

Ruas jalan Desa Babara-Macconggi  sepanjang 2,05 Km, ruas Lita-litae-Gofa 1,17 Km di Kecamatan Sinjai Selatan.

Serta ruas jalan Desa Barambang air terjun sepanjang 1 Km, ruas Karumassing-Bonto Katute 3,100 Km, dan ruas Barambang air terjun 0,830 Km, di Kecamatan Sinjai Borong.

Sementara akses ruas jalan yang rampung dikerjakan yaitu Balle-Bulu Tanah di Kecamatan Sinjai Utara 1,45 Km.

Ruas jalan Bulu Lasiai 1,650 Km, Bulu Bicara 1,450 Km, Jalan Flamboyan 0,70 Km, dan ruas Jl Hasanuddin 1 0,280 Km, di Kecamatan Sinjai Utara, yang anggarannya menggunakan Dana Infrastruktur Daerah (DID).(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *