Dosen dan Taruna Polimarim AMI Kampanye Keselamatan Pelayaran di Dermaga Kayu Bangkoa, Makassar

KAMPANYE KESELAMATAN. Dosen dan taruna Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim) melakukan kegiatan Sosialisasi dan Kampanye Keselamatan Pelayaran bagi warga dan operator kapal kayu di Dermaga Tumba Kayu Bangkoa, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Kamis (16/5/2024). (dok polimarim ami)

MAKASSAR, SOLUSINEWS.ID – Dosen dan taruna Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim) melakukan kegiatan Sosialisasi dan Kampanye Keselamatan Pelayaran bagi warga dan operator kapal kayu di Dermaga Tumba Kayu Bangkoa, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Kamis (16/5/2024).

Polimarim dalam kegiatan kampanye keselamatan pelayaran dan penyeberangan ini bekerja sama dengan Kantor Kelurahan Bulogading, Dinas Perhubungan Kota Makassar, dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Makassar.

Adapun dosen dan taruna yang terlibat dalam kegiatan bertajuk pengabdian pada masyarakat ini adalah pengajar dari Program Studi (Prodi) Transportasi Laut, Prodi Permesinan Kapal, Prodi Bisnis Logistik Maritim dan Prodi Manajemen Logistik.

Kampanye keselamatan pelayaran dan penyeberangan ini diikuti tidak kurang 80-an peserta, baik dari taruna-taruni Polimarim, operator kapal, maupun warga pengguna Dermaga Kayu Bangkoa, Makassar.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dibuka Ketua Prodi Transportasi Laut Polimarim Rusnaedi ST MT mewakili tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat.

“Terima kasih untuk bapak lurah Bulogading, bapak kabid angkutan Dishub Makassar, bapak Kadis Perhubungan Makassar, jajaran KSOP Makassar atau yang mewakili, serta bapak-ibu warga pengguna Dermaga Kayu Bangkoa,” ujarnya.

Rusnaedi mengatakan, “Kegiatan ini bukan hanya sekadar Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Penyeberangan, tapi juga menjadi kuliah lapangan bagi taruna-taruni Polimarim AMI tentang K3 dan keselamatan pelayaran.”

Pada kampanye ini, Lurah Bulogading Andika Andrianto SSTp mewakili kelurahan sangat berterima kasih atas kegiatan ini. “Dermaga ini masuk di wilayah Bulogading. Kegiatan ini penting, karena sejak awal 2024 ada dua kasus kecelakaan,” ujarnya.

“Kecelakaan itu menyebabkan korban 2 nelayan dan tabrakan speed tahun 2024 ini. Saya bersyukur, para pemandu perahu mendapat materi tentang pentingnya keselamatan pelayaran. Semoga bisa diberikan bimtek,” lanjutnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Drs Zainal Ibrahim MSi menekankan kegiatan kampanye keselamatan sangat bagus, karena selalu mengingatkan kita tentang safety first, keselamatan yang paling utama.

“Kehadiran pemateri dalam kampanye ini, tidak untuk mengajari operator kapal yang berpengalaman. Tidak juga mencari benar dan salah, tapi bagaimana peraturan keselamatan bisa diterapkan. Seperti life jacket wajib dipakai setiap momen saat berlayar,” ujarnya.

“Kolaborasi Polimarim, kelurahan, dinas perhubungan dengan KSOP ini paling tidak akan menambah pengetahuan. Termasuk kami dari Dishub, berencana membenahi dermaga ini, semoga bisa didukung masyarakat, agar dermaga menjadi lebih representatif kondisinya,” ujar Zainal.

Standar Pelayanan Pelayaran

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *